Cara Membuat Beras Merah



Cara Membuat Beras Merah            Beras ini memang berbeda dengan beras yang sering digunakan untuk membuat nasi. Beras ini berwarna merah, tetapi rasa dan bentuknya masih tetap sama. Tetapi jika dilihat dari kandungan gizi, beras merah memang lebih tinggi. Beras merah megandung gizi yang tinggi anatar lain karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin seperti magnesium, mangan, vitamin B1 dan vitamin B3. Kandungan magnesium dalam beras merah ini sngat tinggi. Oleh karena itu, cara memasak beras merah pun sedikit berbeda dengan beras putih karena dengan cara memasak beras merah yang benar maka akan diperoleh gizi yang diharapkan. Beras juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan kita antara lain :

1.       Mencegah berbagai penyakit seperti kanker usus, wasir, dan sembelit.

2.       Mencegah kolesterol tinggi dan kadar gula darah tinggi

3.       Mengandung banyak serat yang berguna untuk pencernaan dan membantu dalam progam diet.

Cara memasak atau membuatnya yaitu :

1.       Beras  merah dicuci hingga bersih

2.       Masukkan ke dalam panic yang berisi air. Sebaiknya air yang digunakan lebih banyak daripada air yang digunakan saat memasak beras putih.

3.       Masak sampai beras merah matang dan air dalam panic habis. Jika ketika air habis dan beras merah masih terlihat agak keras maka kita bisa memasukkan lagi air panas ke dalam panci sesuai takaran. Tapi jangan sampai beras merah benar benar matang dan lunak karena kita masih akan memasaknya lagi dengan mengukusnya di dalam dandang.

4.       Kukus beras merah yang agak matang tadi ke dalam dandang yang telah disediakan. Waktunya pun lebih lama dari pada mengukus beras putih. Bisa jadi waktu untuk mengukus ini sekitar 1 jam an.

5.       Setelah 1 jam beras merah sudah siap dihidangkan dengan apa yang anda inginkan.

Tips- tips untuk memasak beras merah :

1.       Karena kandungan serat yang tinggi di dalam beras merah menyebabkan memasak beras merah akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari beras putih. Kalau saat memasaknya sebentar biasanya kurang matang atau keras.

2.       Sebaiknya anda tidak menggunakan rice cooker karena karena itu akan membuat beras merah kadang kurang matang. Sebaiknya anda memasak beras merah  seperti cara tradisional yaitu ditanak terlebih dahulu kemudian dikukus sampai matang.

Selain dimasak sebagai nasi beras merah, beras merah juga dapat dikreasikan menjadi beberapa jenis makanan yang bermacam- macam yang enak dan juga menarik tergantung kreativitas anda . beras merah juga dapat digunakan sebagai bahan nasi uduk, anda tinggal menambahkan santan saat menanaknya. Atau saja ingin dibuat nasi goring beras merah, tinggal ditambahkan sedikit kecap dan bumbu lainnya saja. Beras merah juga bisa ditumbuk sampai halus dan dibuat tepung untuk bahan dasar kue beras merah. Jadi, cobalah memasak beras merah sesuai keinginan dan kreativitasmu.

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*