Cara Membuat Donat Kentang



Donat pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena akan kelezatannya dan bentuk yang unik. Banyak orang mengatakan bahwa membuat donat itu tidak sulit atau mudah. Kali ini saya akan memberikan cara untuk membuat donat kentang dan juga tips agar lubang pada bagian tengah donat sempurna.

Donat (doughnutsataudonut) adalah makanan yang berbentuk seperti cincin dengan lubang ditengahnya dan donat memiliki berbagai jenis rasa seperti keju, coklat, dll. Bagi anda para penggemar donat yang mempunyai keinginan untuk belajar membuat sendiri di rumah, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat donat kentang. Yuk, tanpa basa-basi lagi mari ikuti melalui langkah – langkah sebagai berikut.

Tapi sebelum membuat, persiapkan terlebih dahulu bahan – bahan pembuat donat kentang

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat donat kentang :

  1. Kentang 2 ons
  2. Tepung terigu kurang lebih 500 gram
  3. Gula pasir halus ½ ons
  4. Mentega 1½ ons
  5. Telur 2 butir
  6. Garam ½ sendok teh
  7. Fermipan 1 sendok teh
  8. Susu bubuk 3 sendok makan
  9. Air es kurang lebih 100ml
  10. Minyak goring secukupnya untuk menggoreng donat

Jika bahan – bahan sudah tersiap semua , saatnya kita mulai membuat donat kentangnya

Langkah – langkah untuk membuat donat kentang :

  1. Haluskan kentang. Tambahkan tepung terigu (ayak terlebih dahulu) dan susu bubuk lalu tambahkan gula pasir halus, ferimpan, dan garam
  2. Campur   air essedikit demi sedikit
  3. Masukkan mentega dan telur, lalu uleni sampai benar benar tercampur rata
  4. Diamkanadonanselama 10 menit
  5. Bulatkan adonan dengan ukuran
  6. Diamkan lagi selama kuarang lebih 10 menit agar adonan Nampak berkembang dengan baik
  7. Buat lubang ditengah adonan dengan 2 jari telunjuk namun angan besar-besar
  8. Selanjutnya, panas kan minyak goring tapi jangan terlalu panas agar tidak gosong, goring dengan penuh minyak goring hingga berwarna kecoklatan atau sudah matang.
  9. Angkat dan tiriskan untuk mengurangi minyak pada donat
  10. Jika anda ingin menambahkan hiasan padadonat, tunggu donat sampai dingin ,untuk tambahannya anda biwq menggunakan keju, coklat, dll.

Tips melubangi tengah donat agar bulatannya pas :

Sebenarnya tidak penting untuk menyempurnakan bulatan pada tengah donat. Pada cara di saat saya sudah disebutkan dengan membuatbulatan kecil di tengah donat. Betul, cara melubangi bagain tengah pada donat sebelum dimasak sebenarnya tidak perlu muter2 lalub besarkarna cara bmembuat lubang pada donat yang enar sebenarnya ketika donat tersebut digoreng

 Cara melubang idonat ketika yang terbuat dari kayu. Caranya, pada saat donat sedang digoreng dengan minyak yang banyak dan donat tersebut mengambang di atas minyak, maka anda cukup dengan memasukkan sumpit kayu di tengah lubang donat yang telah dilubangi kecil sebelumnya sambil digoyang – goyangkan dengan arah berputar – putar. Dengan cara demikian maka lubang kecil ditengah donat tersebut akan membesar dengan seimbang sedikit demi sedikit sampai didapatkan lubang donat yang sesuai dengan keinginan anda.

Agar hasil pembuatan donat memuaskan, maka anda harus mempehatikan cara pembuatan dan cara menggoreng dengan baik.

Nah, itulah cara membuat donat kentang beserta tips melubangi bagian tengah donat, selamat mencoba semoga hasilnya memuaskan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*