Cara Membuat Ketan



cara membuat ketanBanyak orang yang sudah makan tape ketan.Bahkan beberapa orang menyukainya sebagai camilan.Karena harganya yang murah dan cara membuatnya mudah jadi banyak pula orang yeng menyukai tape ketan.Kali ini kami akan berusaha membahas tentang bagaiman cara membuat tape ketan yang enak,tidak repot dan tentu saja mudah.

Pasti banyak orang yang mengetahi bagaimana cara membuat Tape Ketan.Tape ketan dibuat melalui proses yang sangat mudah,ada beberapa macam tape yang diantaranya sering dikonsumsi mulai tape singkong,tape ketan putih,tape ketan hitam dan lain –lain.Namun tape ketan lah yang paling sering dikonsumsi karena rasanya enak dan harganya murah.

Berikut ini adalah bahan,alat dan langkah-langkah dalam membuat tape ketan.

Bahan Utama:

  • Beras Ketan / Ketan Hitam
  • Ragi Tape

Cara Pembuatan:

  1. Beras ketan direndam dalam baskom selama 4 jam
  2. Selanjutnya beras ketan yang direndam tadi, dikukus/ditanak sampai matang
  3. Beras ketan tadi dikukus kembali sampai matang kira-kira 30 menit
  4. Setelah beras ketan matang di angkat, lalu didinginkan di daun pisang,kemudian beri ragi yang telah dihaluskan,aduk hingga merata
  5. Setelah beras ketan dicampur dengan ragi kemudia dibungkus dengan plastic atau daun pisang selama 2-3 hari (fermentasi) setelah itu ketan siap dihidangkan.

Alat – Alat:

  • Pengukus nasi
  • Panci
  • Sendok
  • Daun pisang / plastik

Catatan:

Banyaknya ragi yang digunakan disesuaikan dengan jumlah beras ketan yang akan dimasak.Apabila terlalu banyak memberi ragi maka akan mempercepat proses fermentasi dan membuat rasa dari tape tersebut kurang enak.Bila ragi yang diberikan terlalu sedikit maka rasa dari tape tersebut tidak enak dan tape tersebut menjadi keras.Dalam hal ini Ragi menjadi elemen yang paling penting dalam pembuatan tape ketan.

Kami juga memberikan bagaimana tips membedakan tape ketan yang dibuat dengan pewarna yang aman dan pewarna yang berbahaya bagi tubuh.Untuk membedakan mana tape ketan yang memakai zat pewarna yang berbahaya dan tidak ini adalah ciri-cirinya:

Ciri tape ketan yang memakai pewarna berbahaya memiliki ciri:

1.       Tekstur agak keras

2.       Bau lebih menyengat

3.       Warnanya sangat mencolok

4.       Rasa ketan tersebut lebih pahit dari yang menggunakan pewarna yang tidak berbahaya

Ciri tape ketan yang tidak menggunakan pewarna yang berbahaya memiliki cir:

  1. Tekstur lembut dan tidak keras
  2. Baunya sedap dan tidak menyengat
  3. Warna lebih cerah
  4. Rasanya pun memiliki cita rasa yang enak.

Karena berbahaya zat pewarna dalam kandungan tape tersebut yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kanker, maka alangkah baiknya kita membuat sendiri tape ketan tersebut atau kita lebih selektif dalam memilih ketan yang akan kita beli.Apabila kita lebih selektif dalam memilih dan membeli ketan maka kita juga akan mendapat ketan yang enak dan terhindar dari penyakit kanker yang berbahaya.Karena tidak sedikit penjual ketan yang curang dalam daganganya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*