Cara Membuat Kulit Lumpia



cara membuat kulit lumpiaLumpia termasuk salah satu makanan yang banyak digemari di masyarakat karena kulitnya yang renyah dan rasanya yang gurih. Makanan ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan dan teman minum teh. Lumpia banyak dijual di penjual – penjual jajanan pasar. Untuk isiannya, isi lumpia dapat divariasikan dengan berbagai bahan isian seperti sayuran, rebung, pisang karamel, dll sesuai dengan keinginan si pembuat lumpia.

Untuk membuat lumpia sendiri, di pasar biasanya sudah ada yang menjual kulit lumpia siap pakai. Namun, bagi Anda yang ingin memasak sendiri dan ingin mencoba untuk berinovasi, tidak ada salahnya untuk membuat kulit lumpia sendiri daripada membeli. Selain itu, kita juga menjadi tahu bagaimana proses pembuatan kulit lumpia yang sebenarnya.

Membuat kulit lumpia sendiri juga dapat membantu menghemar pengeluaran Anda karena Anda hanya perlu membeli bahan – bahan dan membuatnya sendiri. Setelah jadi, Anda nanti bisa membandingkan kulit lumpia mana yang lebih enak, apakah kulit lumpia buatan Anda sendiri atau kulit lumpia siap pakai yang dijual di pasar.

  • Pembuatan kulit lumpia sebenarnya tidaklah sulit tetapi hanya memerlukan sedikit pembiasaan Jika Anda ingin belajar membuat kulit lumpia, berikut ini bahan – bahan yang harus disiapkan beserta langkah – langkah pembuatannya.
  • Bahan – bahan untuk kulit lumpia:
  • 200 gr tepung terigu
  • 200 ml air
  • 150 ml putih telur
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak sayur untuk digunakan sebagai olesan

Langkah – Langkah Membuat Kulit Lumpia

Setelah semua bahan – bahan di atas sudah siap di meja Anda, kini saatnya untuk memulai proses pembuatan lumpia.

  1. Pertama – tama campur terigu dengan garam, aduk sampai rata
  2. Setelah campuran rata, tambahkan putih telur, dan adu – aduk sampai rata
  3. Uleni adonan
  4. Sambil diuleni, tuangkan 100 ml air. Tuangkan sedikit demi sedikit.
  5. Tuangkan sisa 100 ml air dan uleni lagi selama sekitar 15 menit
  6. Setelah itu, diamkan adonan tepung tadi selama 40 menit
  7. Siapkan wajan anti lengket dan gunakan api yang kecil
  8. Celup kuas kue yang berukuran lebar ke dalam adonan tepung. Setelah itu, oleskan adonan tersebut ke permukaan wajan sampai rata.
  9. Tunggu sampai bagian tepi adonan mengelupas. Pinggir adonan yang mengelupas tersebut merupakan tanda bahwa kulit lumpia sudah siap digunakan dan diisi dengan bahan – bahan isi.
  10. Ulangi langkah yang sama sampai adonan yang Anda buat habis.

Setelah semua adonan habis, tentu semuanya telah berubah menjadi kulitl lumpia yang siap diisi dengan bahan – bahan yang sesuai dengan keinginan Anda mulai dari isi daging ayam hingga lumpia isi sayuran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*