Cara Membuat Martabak Manis



Cara Membuat Martabak ManisPostingan ini mungkin cocok bagi anda yang senang berada di dapur, maksutnya buat masak! Yap…kali ini kami akan memberikan resep serta cara membuat martabak manis yang simple dan tentunya lezat. Camilan yang satu ini memang memiliki penggemar yang tidak sedikit, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan kakek dan nenek pun suka dengan camilan ini. Rasanya yang manis dan bisa disajikan dengan berbagai rasa menambah kenikmatan martabak manis. Tapi ingat Jangan Terlalu Sering memakan yang Manis-manis ya, Takutnya Diabetes bisa Menghampiri anda.

Kita sering menemui pedagang martabak manis yang di berjejer-jejer, dan mereka menyuguhkan berbagai rasa martabak manis. Tapi kali ini kita akan belajar membuat martabak manis kreasi kita sendiri. Sebenarnya peralatan dan bahan untuk membuat camilan ini cukup mudah didapatkan.

Dari pada kelamaan pembukaan langsung saja ini dia resep dan cara membuat martabak manis :

Bahan Resep Martabak Manis :

  • 300g tepung terigu
  • 500g susu segar
  • Air secukupnya
  • 1 bungkus ragi roti kering
  • 1 bungkus baking powder
  • 3 butir telur ayam
  • 50g gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Mentega untuk menggoreng

Isi/Atasan Martabak Manis :

  • Keju parut
  • Cokelat butir (meses)
  • Kacang tanah dihancurkan kasar.

Sebenarnya untuk atasan martabak manis terserah anda, menurut selera anda. Bahkan buah-buahan segar pun bisa untuk atasan martabak manis ini.
Cara membuat Martabak Manis :

  1. Campur tepung terigu, air, gula pasir, ragi, garam, mentega, dan masukan air sedikit demi sedikit hingga tercampur. Kemudian aduk menggunakan mixer selama 5 menit
  2. Tuangkan baking powder kemudian aduk sambil menuangkan susu segar.
  3. Diamkan adonan selama 40 menit dalam wadah tertutup.
  4. Siapkan wajan datar/pan (diameter sekitar 25 cm) dan panaskan mentega hingga cair dan panas.
  5. Kecilkan api. Tuangkan campuran bahan dan tunggu hingga setengah matang (waktunya singkat, tampak uap keluar dari permukaan)
  6. Taburkan isi/atasan sesuai selera.
  7. Setelah matang, angkat dan lepaskan kue dari wajan.
  8. Lipat kue hingga berbentuk setengah lingkaran. Potong-potong. Hidangkan.

Tips untuk membuat martabak manis sempurna :

  1. Olesi seluruh permukaan martabak manis dengan mentega, agar martabak manis tetap lembab
  2. Potong sedikit dipinggiran martabak, kemudian Lipat martabak manis ketika masih dalam keadaan panas
  3. Jika kita menemui martabak manis yang kita buat tidak berserat maka hal itu disebabkan penggorengan yang kurang panas atau ragi yang digunakan sudah tidak bagus
  4. Kemudian untuk mengetahui keadaan ragi masih bagus atau jelek anda bisa mencelupkan ragi ke air, apabila ada gelembung maka ragi masih dalam keadaan baik. Begitu sebaliknya.

 

Itulah cara membuat martabak manis yang lezat beseta tips agar martabak manis yang anda sajikan bertambah sempurna. Sebenarnya anda bisa berkreasi sendiri dalam membuat martabak manis, contohnya dengan menambahkan toping buah-buahan diatasnya dan lain sebagainya. Dan selalu ingat memasak tidaklah merepotkan jika kita yakin hasil dari masakan itu selalu sempurna. Semoga postingan kali ini bermanfaat….sampai jumpa…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*