Cara Membuat Nasi



cara membuat nasi Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat di Indonesia karena makanan ini mengandung karbohidrat tinggi. Walaupun masyarakat saat ini mulai banyak yang beralih ke makanan lain karena alasan kesehatan, nasi masih tetap menjadi pilihan utama sebagai makanan pokok untuk masyarakat di Indonesia

Di pasaram, beras dijual dengan berbagai macam jenis. Pada umumya, beras dikelompokkan menjadi 3 yaitu beras pera, beras sedang, dan beras pulen. Beras pulen merupakan beras yang berkualitas bagus. Hasil masakan beras pulet agak lengket, gurih, dan sangat empuk. Sementara itu nasi pera rasanya juga keras dan hambar.

Kadang, kita sering merasa jengkel ketika nasi yang kita buat cepat menguning atau cepat basi. Padahal kita sudah menggunakan beras dengan jenis pulen yang kualitasnya bagus. Agar hal ini tidak terjadi lagi, berikut ini beberapa tips dan cara membuat nasi agar menghasilkan nasi yang enak, pulen, dan tidak mudah menguning atau basi sehingga Anda tidak akan membuang – buang nasi lagi karena basi atau tidak enak.

  • Masukkan tiga lembar daun pandan ketika Anda hendak memasak nasi
  • Gunakan air secukupnya ketika memasak nasi
  • Perciki tempat memasak nasi menggunakan sedikit air perasan jeruk nipis.
  • Jika Anda memasak beras pera, gunakan air sekitar 2 kali lebih banyak daripada saat memasak beras pulen.
  • Beras pera juga bisa dicampur dengan setengah bungkus bubuk agar – agar warna putih sehingga nasi pera ini hasilnya menjadi lebih pulen.
  • Ketika membeli beras, usakan untuk membeli jenis beras yang sudah Anda kenal sehingga Anda bisa tahu berapa banyak air yang diperlukan untuk memasak beras tersebut
  • Selain itu pilihlah beras yang masih dalam keadan baru karena beras yang sudah lama biasanya akan berbau. Ciri – ciri beras yang masih baru adalah baunya harum, bentuknya panjang, dan berwarna putih bersih serta tidak banyak beras yang patah
  • Jika Anda menggunakan magic com untuk menanak nasi, Anda disarankan untuk langsung mencabut kabel colokan ketika nasi yang dimasak sudah matang. Buka tutup magic com. Tunggu hingga uapnya habis. Kemudian tutup magic com dengan kain serbet. Cara ini dapat mengurangi kemungkinan nasi cepat basi atau menguning.

Saat ini banyak orang yang lebih memilih mengkonsumsi beras merah daripada nasi putih karena beras merah memiliki kandungan gizi dan serat yang lebih tinggi daripada beras putih. Namun, banyak yang enggan untuk menyantap makanan ini karena dianggap aneh atau tidak biasa. Memasak beras merah sebenarnya hampir sama dengan memasak beras putih biasa. Namun seringkali beras merah ini jika dimasak hasilnya pera atau keras sehingga kurang nikmat bila dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi putih. Agar baunya harum, Anda juga bisa menambahkan dua atau tiga helai daun pandan saat memasak beras merah ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*