Cara Membuat Pisang Goreng



                Hai semuanya. Siapa yang tidak tahu tentang pisang goreng? Pastinya anda semuanya sudah mengetahui. Salah satu camilan favorit keluarga Indonesia ini memang mempunyai banyak pecinta, termasuk saya. Cara membuatnya yang mudah, bahan-bahan yang mudah didapatkan, dan rasanya yang enak itulah sebab-sebab kenapa warga Indonesia menyukai camilan yang satu ini.

                Langsung saja kami kali ini akan menyuguhkan artikel tentang resep membuat pisang goring yang lezat, dengan bahan-bahan yang mudah, dan peralatan yang sederhana pula. Namun perlu diketahui Pisang goreng disetiap daerah mempunyai berbagai varian, ada pada perbedaan penggunaan jenis pisang, cara membuatnya, atau bahan tambahan untuk membuat pisang goreng. Kali ini resep yang akan kami suguhkan adalah membuat pisang goreng renyah.

Bahan bahan yang digunakan:

10 buah (500 gram) pisang kepok kecil (pisang jenis ini dipilih agar rasa renyah yang dihasilkan akan maksimal, karena ukurannya yang kecil)

1 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

1 1/2 sendok teh gula palem (jika tidak ada dapat menggunakan gula merah)

minyak untuk menggoreng

Bahan pencelupan:

100 gram tepung terigu

25 gram tepung beras

175 ml air es

1/2 sendok teh garam

1 sendok teh gula tepung

1 kuning telur

Bahan pelapis :

100 gram tepung panir kasar (atau yang sering kita sebut dengan tepung roti)

Cara membuat pisang goreng:

  1. Siapkanlah bahan bahan yang ingin di gunakan.
  2. Siapakan pisang dan iris sesuai selera, lebih nikmat jika mengirisnya jarang terlalu kecil. Karena ukuran pisang yang kita pilih juga sudah kecil.
  3. Adukalah kayumanis bubuk yang telah di siapakn beserta gula palem (gula merah) hingga merata, dan taburkanlah ke pisang yang telah di potong potong tersebut, pastikan merata.
  4. Untuk bahan pencelupnya, anda dapat menjadikan satu dalam satu wadah, masukan seluruh bahan bahan pencelupnya dan aduk hingga merata.
  5. Tambahkan air secukupnya, jangan terlalu encer dan jangan juga terlalu keras. Jika terlalu encer maka pada saat penggorengan pisang tidak akan menghasilkan krenyahan yang maksimal, dan jika terlalu keras tepung tidak akan menempel pada pisang.
  6. Setelah pencelup siap, maka anda dapat mencelupkan pisang tersebut. celupkan pisang hingga seluruh bagian pisang mendapatkan bahan pencelup tersebut.
  7. Setelah rata, maka anda dapat menggulingkan pisang tersebut ke bahan pelapis, yaitu tepung panir kasar (tepung roti). Gulingkan hingga pisang terbaluti tepung panir tersebut.
  8. Setelah siap, gorenglah pisang tersebut hingga berwarna kuning kecoklatan.
  9. Angkat pisang, tiriskan dan sajikan bersama teh hangat dan disantap dengan seluruh keluarga.

Bagaimana, mudah bukan? Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat camilan yang sehat dan enak bagi keluarga. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*