Cara Membuat Susu Kedelai



Cara Membuat Susu KedelaiSusu kacang kedelai (sari kedelai) adalah minuman yang dibuat dari kacang kedelai, disebut susu kedelai karena warnanya yang putih seperti susu pada umumnya. Di Indonesia biasa di kenal dengan sebutan sari kedelai. Susu kedelai ini juga mengandung 3,5% protein, 2% lemak, 2,9% karbohidrat seperti halnya susu.Namun, menurut para ahli susu kedelai bukanlah masuk dalam kategori susu, karena tidak diproduksi langsung oleh kelenjar-kelenjar susu pada mamalia dan manusia. Dibandingkan dengan susu sapi susu kedelai memliki banyak manfaat seperti menurunkan kolesterol.

Inilah sekilas manfaat dari susu kedelai :

  1. Susu kedelai dapat mencegah kanker, karena kedelai mengandung isoflavon, isoflavon ini yang akan melawan sel-sel kanker seperti dari Rahim,payudara dan prostat.
  2. Protein dalam kedelai mampu emnyerap lebih baik kalsium pada tulang, maka dari itu protein dalam kedelai akan menghambat kerusakan tulang. Isoflavon pada susu kedelai juga dapat mencegah osteoporosis.
  3. Dpat digunakan untuk diet ,dalam hal ini kita dapat memasok kebutuhan protein dalam tuubuh tanpa menaikkan berat badan karena kandungan lemanya yang sangat rendah dan juga rendah kolesterol.

Nah, bagi kalian yang ingin mendapatkan manfaat diatas anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Soalnya, kita dapat membuatnya sendiri. Bagi anda yang ingin tahu caranya mari ikuti langkah-langkah ini :

Bahan dan alat yang dibutuhkan :

  1. Kedelai (secukupnya)
  2. Gula pasir sesuai selera masing-masing
  3. Garam (secukupnya)
  4. Panci
  5. Kain tipis bersih (untuk penyaringan)
  6. Susu coklat cair (untuk tambahan)

Langkah-Langkah pembuatan susu kedelai

  1. Pertama-tama persiapkan bahan dan juga peralatan yang akan digunakan
  2. Belilah kedelai dengan kualitas yang baik. Bersihkan biji-biji kedelai tersebut dan rendamlah dengan air kurang lebih selama 4 jam atau seharian penuh, pokoknya sampai terasa empuk.
  3. Bilaslah dengan air sampai kulitnya mengelupas. Kemudian gilinglah sampai benar-benar halus  menggunakan blender dan masukkan pula air dengan perbandingan kedelai dan air 1:3.
  4. Saringlah menggunakan kain tipis bersih untuk memisahkan susu kedelai dengan ampas
  5. Setelah itu masukkan susu kedelai kedalam panci untuk dipanaskan (namun jangan sampai mendidih) smabil diaduk-aduk, tujuannya yaitu agar susu kedelai tidak mudah basi dan tercampur rata serta tidak mengendap. Tunggu 10 – 20 menit.
  6. Setelah itu tambah gula dan garam, juga jangan lupa untuk menambahkan susu coklat sebagai penambah rasa, bisa juga anda menambahnya dengan jahe, sirup melon maupun strawberry, itu juga tergantung selera masing-masing penikmat susu kedelai.
  7. Setelah itu tuangkan pada gelas dan susu kedelai siap untuk dihidangkan. Susu kedelai nikmat diminum dalam keadaan hangat dan juga bias diminum dalam keadaan dingin dengan menambahkan es batu agr lebih segar.

Tips agar susu kedelai tahan lama yaitu simpan ke dalam lemari es agar setelah dingin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*