Cara Membuat Tempe



TCara Membuat Tempeahukah anda tentang cara membuat tempe?

Sebenarnya, cara membuat tempe hanyalah menumbuhkan spora yang mana spora tersebut memiliki kemampuan untuk membuat benang hifa, spora tersebut adalah Rhizopus sp. Benang hiva yang dibuat oleh Rhizopus sp tersebut akan terkait dari kedelai satu dengan yang lain. Selama masa pertumbuhan spora, Rhizopus sp akan menguraikan kandungan yang ada pada tempe seperti protein dan nutrisi untuk tubuh agar mudah di cerna.

Berikut beberapa langkah dan cara membuat tempe dari kedelai :
Bahan-bahan penting :
1. Kedelai yang bersih dan berkualitas (padat dan tidak dihuni ulat)
2. Ragi tempe
3. Daun pisang atau kantong plastik

Alat yang harus anda sediakan :
1. Kompor gas
2. Wadah
3. Alat untuk mengukus atau dandang
4. Kipas
5. Saringan 

Langkah-langkah yang harus dilakukan :
1. Sebelum menggunakan alat-alat yang anda sediakan tadi, sebaiknya anda mencucinya terlebih dahulu agar terjaga kehigienisannya.
2. Selain alat yang harus anda cuci, anda juga harus mencuci bahannya (kedelai) dengan air yang mengalir hingga bersih.
3. Setelah anda mencuci kedelai tersebut, rendamlah dengan air bersih selama 12-17 jam. Hal ini harus anda lakukan untuk memudahkan anda mengelupas kullit dari kacang kedelai tersebut.
4. Pisahkan kulit dari kedelai tersebut kemudian cuci kembali dengan air yang bersih.
5. Rebus kedelai menggunakan dandang sampai matang.
6. Setelah matang, kedelai tersebut akan menjadi empuk, anda bisa mengangkatnya dan menaruhnya pada wadah yang lebar. Agar suhu pada kedelai cepat turun, anda bisa menggunakan kipas.
7. Setelah tidak terlalu panas, anda bisa mulai menaburkan ragi pada kedelai tersebut. Anda bisa menggunakan 3 gram ragi untuk 4 kg kedelai.
8. Masukkan kedelai pada wadahnya (kantong plastik maupun daun pisang) lalu biarkan hingga 2 hari.|

atau ada cara mudahnya,seperti berikut :

1. Pertama, rebus air hingga mendidih. Setelah itu masukkan kacang kedelai ke dalam air yang mendidih tadi. Diamkan hingga suhu air hangat. Selanjutnya, pisahkan air dan kacang kedelai. Kemudian remas-remas hingga kacang terpisah dari kulitnya dan kacang terbelah menjadi dua.
2. Kacang kedelai yang telah terpisah dari kulit kembali direbus dengan air hingga mengeluarkan buih. Setelah itu, pisahkan kacang kedelai dengan air. Agar lebih cepat kering, simpan kacang kedelai di wadah datar yang dasarnya telah diberi kain untuk menyerap cairan.
3. Setelah kering, kacang kedelai disimpan di wadah cekung. Kemudian tambahkan ragi dan tepung. Aduk hingga benar-benar merata.
4. Setelah tercampur sempurna, masukkan kacang kedelai ke dalam medium plastik atau daun pisang. Ujung plastik atau daun pisang dirapatkan. Kemudian bolongi plastik sehingga ada sirkulasi untuk udara.
5. Diamkan adonan tempe dengan durasi 24 sampai 36 jam. Lebih baik lagi jika disimpan di tempat yang hangat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*