Cara Memilih Kamera Digital



Cara Memilih Kamera DigitalKamera digital merupakan salah satu gadget yang sangat dibutuhkan, terutama bagi mereka yang hobi travelling dan fotografi karena dengan akmera digital, mereka dapat mengabadikan momen – momen berharga yang telah mereka lalui.

Pada perkembangannya, kamera digital juga telah digunakan untuk berbagai keperluan lain yang tidak kalah penting sehingga tidak heran jika toko kamera dengan merek tertentu maupun toko kamera yang menawarkan berbagai merek saat ini banyak bermunculan.

Walaupun sekarang sudah banyak ponsel yang dibekali dengan kamera, hal ini tidak menyurutkan permintaan pasar terhadap kamera digital karena kamera digital dianggap lebih handal dalam menghasilkan gambar berkualitas. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membeli kamera digital, mengetahui cara memilih kamera digital merupakan hal yang penting sehingga Anda nantinya tidak kecewa setelah membeli suatu produk kamera digital

1. Baterai

Ketika membeli kamera digital banyak orang yang seringkali hanya fokus pada kualitas gambar saja tanpa mempedulikan baterai kamera. Padahal baterai merupakan bagian yang penting karena jika kamera bagus tetapi baterainya cepat habis, hal ini tentu menjadi kurang efektif. Oleh sebab itu, ketika memilih kamera digital, pastikan juga untuk mengetahui berapa lama baterai kamera yang akan dibeli dapat bertahan.

2. Jumlah Megapiksel

Jumlah megapiksel pada kamera digital sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang dibidik. Jumlah megapiksel yang ditawarkan oleh kamera digital saat ini memang sangat beragam. Jika Anda berencana untuk mencetak gambar berukuran besar dan mendapatkan gambar dengan kualitas yang baik, sebaiknya Anda memilih kamera digital dengan jumlah megapiksel yang besar, minimal 5 megapiksel.

3. Fasilitas Zoom

Seseorang pasti ingin mempunyai kamera yang mampu menjangkau obyek lebih dekat. Rata – rata kamera digital saat ini sudah dilengkapi dengan fitur zoom. Namun, Anda harus memilih fitur zoom yang tepat. Sebaiknya, pilih kamera digital yang memiliki optical zoom bukan digital zoom karena optical zoom mampu memperbesar gambar dengan kualitas gambar yang lebih baik sedangkan digital zoom dapat membuat gambar menjadi kabur atau pecah. Sebagai rekomendasi, sebaiknya pilih kamera digital yang mempunyai kemampuan minimal 3x optical zoom.

4. Kontrol Eksposur

Kontrol eksposur merupakan kecepatan kamera dalam mengambil obyek yang bergerak, buaan lensa dan teknis lainnya. Kamera dengan kontrol eksposur lengkap dan manual sangay cocok untuk fotografer profesional. Jika Anda hanya ingin menggunakan kamera digital untuk sehari – hari, pilih kamera digital biasa yang tidak terlalu besar. Selain itu, kamera digital biasa pengaturannya juga sudah otomatis.

5. Flash

Hampir semua kamera digital saat ini sudah dilengkapi dengan fitur flash. Cahaya yang muncul dari flash sangat membantu dalam meningkatkan kualitas gambar saat di dalam ruangan maupun tempat yang kurang cahaya sehingga gambar yang dihasilkan bisa lebih terang daripada keadaan aslinya. Fitur flash ini bisa disetel otomatis dan manual.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*