Cara Memilih Laptop



SCara Memilih Laptopekarang adalah zaman dimana didominasi oleh teknologi terbaru dan alat-alat canggih, salah satunya adalah laptop atau komputer jinjing. Alat canggih dan multi fungsi ini sudah banyak dimiliki oleh berbagai kalangan. Jika anda masih bingung untuk memilih laptop, jangan bersusah hati dahulu, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips-tips cara memilih laptop.

Tetapi, sebelum membeli laptop. Anda harus memikirkan fungsi dari laptop yang akan anda beli, apakah untuk bekerja di kantor atau untuk belajar di kampus/sekolah, atau berfungsi untuk game. Dengan begitu, anda bias lebih spesifik memilih laptop.  Dan juga, anda harus mempersiapkan dana/finansial yang akan dikeluarkan untuk membeli laptop.

Berikut Cara Memilih Laptop:

  1. Mencari Referensi Harga dan Spesifikasi. Sebelum membeli laptop, sebaiknya anda mencari referensi harga dengan cara browsing atau menuju website toko resmi yang disediakan oleh layanan online tersebut agar anda memiliki gambaran harga dan spesifikasinya disesuaikan dengan dana dan kebutuhan anda.
  1. Pilih Merk Berkualitas. Pilih laptop/notebook, ultrabook atau netbook yang bermerk yang sudah teruji kualitasnya dan memiliki jaringan yang luas sehingga kalau ada permasalahan tidak usah terlalu jauh untuk berkonsultasi atau memperbaikinya.
  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda. Pilih laptop sesuai kebutuhan anda, jika anda ingin membeli laptop hanya karena anda sering kerja di luar kota, bepergian, kuliah atau sekolah, sebaiknya anda memilih laptop/notebook atau netbook dengan ukuran 10 – 12 inci, karena mudah dibawa, praktis, tidak terlalu berat, daya tahan baterai cukup lama, memori lumayan besar, tidak cepat panas dan ada fasilitas bluetooth, webcam dan Wifi. Jika anda ingin membeli laptop untuk programmer atau bermain game baik untuk game online ataupun offline, sebaiknya anda membeli laptop dengan ukuran layar 12-17 inci. Dengan spesifikasi minimal RAM 2 GB, VGA minimal 1 GB dengan dukungan sound card, baterai tahan lama, ada fasilitas Bluetooth, webcam, WiFi dan processor khusus game atau multi core. Jika anda seorang pebisnis sebaiknya menggunakan ultrabook selain memiliki fitur yang unggul juga memiliki prestise yang tinggi dihadapan rekan bisnis anda.
  1. Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan. Jika anda akan membeli laptop murah dengan anggaran 2 3,5 jutaan sebaiknya anda memilih netbook dengan spesifikasi yang lumayan bagus. Disarankan cari netbook yang memiliki fitur Wifi, webcam, baterai tahan lama, RAM minimal 1GB, dan prosesor yang lumayan bagus. Sedangkan bagi anda yang memiliki dana antara 3,6 6 jutaan sebaiknya anda memilih laptop atau notebook yang didalamnya bisa digunakan untuk membuka CD/DVD, memiliki prosesor dan RAM lebih tinggi dari netbook, memiliki fitur WiFi, Bluetooth, webcam dan baterai tidak cepat panas tahan lama. Jika anda memiliki dana berlebih dan memiliki fitur paling tinggi maka belilah ultrabook. Selain tipis, dengan prosesor mumpuni dan kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh netbook atau laptop seperti tipis dan ringan, juga memiliki keamanan dan kenyamanan dalam penggunaannya, dan lain sebagainya
  1. Pilih Produk Yang Bergaransi.

Jika anda membeli dari toko komputer, sebaiknya pertimbangkan garansi toko yang ada pada laptop yang anda beli, karena jika terjadi kerusakan pada laptop bisa diperbaiki atau bahkan ditukar dengan yang baru. Cari produk dengan garansi yang lumayan lama minimal 1 tahun.

Sekian tips-tips memilih laptop sesuai kebutuhan anda, semoga bermanfaat! Terima kasih~

(abu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*