Cara Memilih Modem Internet



cara memilih modem internetMemilih modem untuk mendapat koneksi internet cepat untuk PC atau laptop ternyata tidak semudah yang diduga. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih modem agar nanti setelah Anda memutuskan untuk menggunakan model CDMA atau GSM, Anda juga dapat memastikan bahwa Anda tidak akan menyesal telah membeli modem tersebut seperti sinyal yang sedikit, koneksi yang lambat, dan berbagai masalah lainnya.

Jika melihat iklan yang ditawarkan di TV, koran atau internet, mereka sepertinya terlihat sama. Jika berbeda, nampaknya juga tidak akan terlalu menganggu kelancaran akses internet. Namun apalah memang demikian? Asal beli modem memang bisa, namun alangkah baiknya jika kita juga memperhatikan beberapa hal yang paling tidak dapat membuat Anda tidak perlu ganti model untuk dua sampai tiga tahun. Berikut ini beberapa cara memilih modem internet yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli modem USB.

  • Pilih Layanan Operator

Memilih layanan operator yang akan digunakan merupakan kunci utama dari kecepatan akses internet yang akan Anda dapatkan. Semahal atau sebagus apapun model yang digunakan, jika Anda tidak mendapat sinyal yang bagus tentu akan sia – sia. Jangan merasa cukup dengan koneksi EDGE atau GPRS. Paling tidak, Anda bisa mendapatkan sinyal 3G. Saat ini sebagian besar modem GSM baru dapat bekerja maksimal jika mendapat sinyal 3G walau hanya 1 atau 2 bar.

 

  • Pilih Modem Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya, saat Anda membeli modem yang menawarkan paket modem yang telah di bundling karena dengan skema seperti ini, Anda setidaknya akan lebih mudah dalam urusan setting dan Anda juga bisa mendapatkan bonus paket data. Sebaliknya, jika Anda akan membeli modem USB yang non bundling, pelajari terlebih dahulu spesifikasi modem yang akan dibeli, apakah cocok degan jaringan operator yang akan digunakan.

 

  • Kemudahan Setting Modem

Dalam kenyataannya, di pasaran saat ini beberapa modem memang terasa agak sulit untuk di setting dan tidak menampilkan menu yang mudah diakses. Untuk modem yang seperti ini, sebaiknya Anda memilih yang versi bundling saja karena pihak operator biasanya akan membantu men-setting modem ke laptop.

 

  • Jangan Mudah Terpengaruh Janji

Modem yang murah sebenarnya belum tentu jelek walaupun tidak bisa dipungkiri jika harganya terlalu murah maka kualitasnya belum tentu terjamin. Mengapa modem berkualitas bisa dijual dengan harga murah? Seperti produk lainnya, jika produsen ingin mengeluarkan produk terbaru, mereka akan menghabiskan produk lama sehingga mereka menekan harga jual hingga ke margin paling tipis. Kadang, mereka juga berani jual rugi untuk menekan kerugian yang besar. Hal ini hampir mirip dengan kasus Blackberry Playbook yang kurang laku sehingga harganya dipotong hingga separuhnya.

 

  • Pilih Modem yang Sesuai Untuk OS Anda

Pastikan modem yang dipilih sudah mendukung OS yang umum atau populer. Misalnya saja Anda menggunakan windows 8 dan OS modem hanya kompatibel sampai windows 7. Tentu hal ini akan sia – sia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*