Cara Memilih Rumah



Cara Memilih RumahRumah atau tempat tinggal adalah  kebutuhan primer setiap manusia. Tempat dimana untuk berteduh saat hujan, berlindung dari panas, dan untuk sarana berkumpul keluarga. Tapi apa jadinya jika anda salah memilih menentukan lokasi rumah atau salah membeli rumah? Jangan hal itu sampai terjadi pada anda. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit tips-tips cara memilih rumah idaman. Check this out!

1. Dana/finansial

Dalam memilih hunian tentunya banyak sekali pilihan yang tersedia dari mulai tipe rumah, fasilitas yang diberikan dan lokasi hunian sangat mempengaruhi harga. Tentunya dalam memilih rumah sesuaikan dengan dana yang tersedia tentunya harus kita siapkan dana yang cukup untuk uang muka min 20-30%. sekitar 30 jutaan tergantung harga rumah trus biasanya bisa diangsur 4-5 bulan dan biaya untuk bank sekitar 7 juataan trus biaya BPHTP dan AJB sekitar 2 jutaan.

2. Pemilihan Lokasi

Lokasi hunian ini tentunya sangat bervariasi sesuai dengan selera anda, namun banyak yang harus kita pertimbangkan. Dekat dengan tempat kerja, suasana yang sejuk dan udara yang segar, lokasi yang strategis cocok untuk usaha, bebas dari banjir dll itu adalah diantara banyak pilihan yang tentunya harus kita pilih dalam menentukan lokasi sebuah hunian.

3. Fasilitas

Fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap merupakan alat bantu kemudahan kita bila kita tinggal disuatu daerah. Perlu kita lihat fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ditawarkan oleh pihak pengembang. Perlu anda perhatikan beberapa  kondisi sebagai berikut:

Jalan lingkungan yang cukup lebar
Saluran yang baik terbih pada saat musim hujan
Penerangan jalan.
Fasilitas air minum dan air bersih
Jaringan telepon.
Warung ataupun pasar untuk kebutuhan hidup sehari hari.
Tersedia fasilitas sosial seperti Tempat Ibadah, Lapangan olahraga, taman   terbukauntuk umum
Pos security atau keamanan
Kelengkapan fasilitas umum  tersebut akan membikin kita nyaman dan betah tinggal di suatu lokasi perumahan.

jika banyak dari tips memilih rumah bagian sarana prasana diatas belum / tidak terpenuhi, maka perlu anda pertimbangankan keinginan anda untuk beli rumah disitu dan beralihlah ke alternatif lokasi perumahan yang lebih baik.

4. Kondisi Fisik Rumah

Anda tentunya akan merasa puas bilamana kondisi aktual rumah setelah dibangun sesuai dengan gambar atau brosur atau keinginan anda. Perlu anda perhatikan pada sampel/contoh rumah, atau kalo bisa rumah yang udah jadi selain rumah contoh dan juga rumah yang sedang berjalan pengerjaannya.

Jika anda menemukan banyak kondisi visual yang tidak memenuhi kriteria kualitas pada rumah yang sudah jadi ataupun sedang berjalan pembangunannya, maka perlu anda pertimbangkan lagi mengenai keinginan anda untuk beli rumah disitu. Bila tetap mau anda teruskan, maka anda harus siap siap menghadapi kondisi yang sama.

Demikian tips-tips dalam memilih rumah idaman, semoga bermanfaat! Terima kasih~
(abu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*