Cara Mendaftar Domain dan Hosting



cara mendaftar domain dan hostingDomain dan hosting merupakan salah satu bagian penting bagi blog atau web. Setelah Anda yakin untuk mengganti blogspot ke dot-com, Anda tentu akan mencari tahu bagaimana cara mendaftar domain dan hosting. Bagi para blogger yang masih pemula dan tidak ingin mengeluarkan budget yang banyak untuk membangun webnya, Anda dapat mencoba mendaftar domain dan hosting gratisan. Domain dan Hosting gratis memang sangat membantu para blogger pemula untuk dapat belajar lebih jauh tentang bagaimana membuat blog secara utuh sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

 Cara Mendaftar Domain Gratis

  1. Kunjungi situs registrasi di www.co.cc Ini merupakan salah satu penyedia domain gratis. Selain itu masih ada juga situs – situs penyedia domain gratis lainnya. Namun, kali ini yang akan kita gunakan adalah domain dari CO.
  2. Setelah masuk ke halaman utama situs tersebut, isikan nama domain yang Anda inginkan dan periksa ketersediaan domain tersebut. Jika domain yang Anda inginkan ternyata berbayar, ulangi lagi sampai Anda menemukan yang gratis.
  3. Setelah itu, daftar akun di “create account”. Kemudian, isi form dan klik create account.
  4. Lakukan pengaturan dan manage domain name server. Anda dapat mengisi “ns01.000webhost.com” untuk name server 1 dan isikan “ns02.000webhost.com”. Kemudian klik set up dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Klik ok.
  5. Sekarang, domain yang Anda inginkan sudah jadi. Domain ini hanya berlaku untuk satu tahun. Namun, jangan khawatir karena jika sudah satu tahun, Anda hanya tinggal melakukan renewal lagi. Renewal domain ini juga gratis sehingga Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya.

Setelah mendapatkan domain, sekarang saatnya mendapatkan hosting untuk blog Anda. Pointing nama server untuk domain telah dilakukan sebelumnya. Contoh hosting yang akan digunakan kali ini adalah WebHost. Walaupun ini hosting gratis, hosting ini menawarkan fitur yang cukup bagus bagi Anda yang memerlukan hosting sendiri untuk blog atau web. Fitur yang diyawarkan diantaranya adalah 100 GB Bandwith, 350 MB disk space, CRON, Fantastico, dll. Cara pendaftarannya sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs WebHost di http://www.000webhost.com/
  2. Klig Sign Up untuk melakukan pendaftaran
  3. Isikan data – data yang diperlukan dalam halaman tersebut. Isi kotak yang berbunyi “I want to host my own domain” dan isikan nama domain yang telah didaftarkan dan biarkan kotak subdomain tetap kosong. Kemudian klik pada ‘Create Account’.
  4. Buka email Anda yang tadi digunakan untuk melakukan pendaftaran. Di kotak masuk email Anda pasti sudah ada email verifikasi link yang dikirim dari hosting. Klik link tersebut
  5. Setelah email link verifikasi di klik, maka Anda akan langsung masuk ke hosting. Klik set up
  6. Sekarang proses mendapatkan hosting gratis sudah selesai dan Anda sudah punyai domain dan hosting gratis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*