Cara Mendaftar Jamsostek



cara daftar jamsostekJamsostek atau Jaminan Sosial Tenaga Kerja merupakan badan yang menjamin kesejahteraan tenaga kerja non-PNS. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara mendaftar jamsostek. Sebenarnya, jara mendaftar ke program jamsostek cukup mudah yaitu Anda hanya perlu datang ke kantor jamsostek yang ada di kota Anda atau kantor terdekat. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi formulir dan membayar iuran sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan.

Namun, sebelum Anda datang ke kantor jamsostek, sebaiknya Anda melihat terlebih dahulu syarat peserta jamsostek dan iuran yang dibutuhkan ketika Anda nanti sudah terdaftar menjadi anggota dalam program jamsostek.Saat mendaftar jamsostek, usia Anda tidak boleh lebih dari 55 tahun.

Anda dapat mengikuti program Jamsostek secara bertahap yaitu dengan memilih program yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan calon peserta Jamsostek. Pendaftaran anggota Jamsostek dapat langsung mendaftar ke PT Jamsostek atau bisa juga mendaftar melalui kelompok yang sudah memiliki Ikatan Kerjasama dengan PT Jamsostek.

Iuran Jamsostek yang harus dibayar oleh peserta Jamsostek ditentukan berdasarkan nilai nominal tertentu sesuai dengan upah, paling tidak setara dengan UMR atau UMP. Presentase besaran iuran yang harus dibayarkan untuk jaminan kecelakaan kerja adalah 1 persen, jaminan hari tua sebesar 2 persen, jaminan kematian sebesar 0,3 persen dan jaminan pemeliharaan kesehatan sebesar 6 persen untuk yang sudah berkeluarga.

Jika Anda telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, berikut ini tahap – tahap pendaftaran Jamsostek

  • Mengisi Formulir Jamsostek

Formulir yang harus diisi oleh calon peserta Jamsostek ada tiga macam yaitu formulir nomor 1, 1a, dan 2a. Formulir JAMSOSTEK nomor 1 memuat data perusahaan meliputi nama perusahaan, nomor telepon, alamat, faxm dan bentuk badan hukum. Untuk formulir yang kedua atau formulir JAMSOSTEK nomor 1a, Anda diminta untuk mengisi tentang data diri Anda seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, golongan darah, dll. Sedangkan pada formulir yang ketiga atau formulir nomor 2a, formulir ini memuat data gaji dan besarnya iruan.

  • Serahkan Formulir ke Pihak Jamsostek

Setelah semua formulir diisi lengkap dan mendapat cap serta tandatangan, Anda dapat menyerahkannya ke pihak Jamsostek untuk diproses lebih lanjut. Setelah itu, Jamsostek akan membuat Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan surat pemberitahuan pembayaran iuran yang pertama.

  • Bayar Iuran ke Bank

Bayar iuran sesuai dengan jumlah yang ada di surat pemberitahuan pembayaran iuran yang pertama dari Jamsostek. Jangan lupa untuk mencantumkan NPP yang diberikan dari Jamsostek.

Proses pendaftaran Jamsostek selesai setelah dilakukan rekonsiliasi iuran dan perusahaan Anda dalam 7 hari akan mendapat sertifikat dan Anda akan mendapat kartu peserta Jamsostek dan kartu pemeliharaan kesehatan jika perusahaan tempat Anda bekerja juga mengikuti program JPK. Cara ini tentu cukup membantu Anda yang masih bingung dengan prosedur pendaftaran Jamsostek.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*