Cara Mengatasi Penyakit Maag



Cara Mengatasi Penyakit MaagPernahkan anda disarankan oleh seorang teman terdekat anda untuk tidak telambat makan dan menjaga makanan yang anda konsumsi, tidak terlalu pedas dan terlalu asam misalnya. Apabila pola waktu  makan anda yang tidak teratur, hal ini bisa memicu timbulnya penyakit maag atau asam lambung. Tanpa kita sadari, penyakit maag bisa menyerang kita secara tiba-tiba jika kita tidak memperhatikan pola makan sehari-hari. Selain pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi obat-obatan, minuman bersoda / beralkohol, mengkonsumsi makan yang banyak mengandung cuka, bahkan pola tidur yang tidak teratur bisa menjadi penyebab lain dari penyakit asam lambung.

Penderita penyakit maag sangat umum dan bisa dibilang tidak sedikit. Meski penyakit ini terkesan tidak terlalu berat, namun kita tidak boleh meremehkannya. Hidup kita akan merasa terganggu apabila kita sedang mengalami gangguan lambung, sebab lambung akan terasa perih apabila kita terlambat makan, terlalu banyak makan pun juga menimbulkan permasalahan pada lambung kita. Yang jelas rutinitas kita akan sangat terganggu apabila kita terserang penyakit maag. Penyakit ini bisa saja mengganggu system kerja tubuh apabila tidak ditangani secara tepat jika penyakit yang diderita tergolong maag kronis.

Gejala-gejala yang sering dialami ketika terserang penyakit maag yaitu, merasa sakit saat buang air besar, nyeri yang luar biasa pada bagian perut, sering merasa lapar, perut kembung dan kadang disertai sering bersendawa. Selain gejala-gejala umum penderita penyakit maag yang sudah disebutkan, penyakit maag juga dapat menimbulkan penurunan berat badan yang sangat drastis.

Tapi jangan khawatir, setiap penyakit pasti ada obatnya , tergantung kiat mau atau tidak untuk sembuh dari penyakit tersebut.

Berikut ini adalah beberapa ramuan tradisional yang bisa mengatasi penyakit maag yang bahannya bisa kita dapatkan di sekitar kita

Cara 1

  1. Bahan : 8 lembar daun Jambu Biji yang masih segar, usahakan memilih daun jambu biji yang masih tergolong muda.
  2. Cara membuatnya : rebus daun jambu biji dan tambahkan sedikit garam dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian saring untuk mengambil airnya.
  3. Cara menggunakannya : Diminum 3 kali sehari, pada  pagi, siang dan sore hari.

Cara 2

  1. Siapkan kurang lebih 2 jari tangan kunyit, kupaslah kulitnya lalu cuci hingga bersih.
  2. Kunyit diparut dan ditambah air matang. Selain ditambah air matang, parutan kunyit ini juga bisa dimasak dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas atau sesuaikan saja dengan kebutuhan dengan perbandingan 2 : 1
  3. Kemudian peras / saring kunyit menggunakan kain yang bersih.
  4. Hasil perasan didiamkan, dinginkan dan diambil air beningnya, atau bisa juga langsung diminum.
  5. Tambahkan kurang lebih 1,5 sendok makan madu murni (sesuai selera)
  6. Minum 2 kali sehari pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Cara 3

  1. Setengah kg biji kedelai kering digoreng tanpa minyak atau disangrai
  2. Biji kedelai yang sudah disangrai ditumbuk sampai halus, lalu seduh dengan air panas.
  3. Minumlah tiga kali sehari, pagi sore dan malam hari selama setengah bulan. Untuk pencegahan dapat dilakukan sekali satu sehari selama berbulan-bulan.

Demikian beberapa cara mencegah dan mengobati penyakit maag, semoga dapat membantu anda menghilangkan rasa perih yang desebabkan karena penyakit maag.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*