Cara Mengatasi Rambut Rontok



Cara Mengatasi Rambut RontokRambut merupakan mahkota yang dimiliki oleh manusia. Khususnya wanita, mereka mendambakan rambut yang lebat dan kuat. Jika kerontokan rambut melanda, kepanikan akan melanda mereka. Terbayang akan rusaknya rambut menjdai tidak lebat lagi, bahkan kebotakan. Selain rambut yang kekurangan nutrisi dari makanan, faktor gen juga berpengaruh pada kerontokan rambut.

Yah, demi mengatasi masalah diatas, saya akan berbagi beberapa tips mengatasi rambut rontok. Simak ya…

1.       Memijat kulit kepala

Sebenarnya jika ditambahi minyak esensial, maka hasil yang diperoleh akan lebih maksimal. Dan minyak essensial dipercaya membantu pertumbuhan rambut juga. Selain menimbulkan refleksi, memijat kulit kepala juga merangsang sirkulasi pada kulit kepala serta folikel rambut. Usahakan pijat kulit kepala anda setiap hari

2.       Jangan mengikat rambut

Bukan melarang untuk mengikat rambut, tetapi jangan ikat rambut anda dengan ikatan yang terlalu kuat. Selain menimbulkan bekas yang kesannya kurang rapi, mengikat rambut terlalu kuat dapat menyebabkan akar rambut menjadi lemah, sehingga membuat rambut anda menjadi gampang rontok. Aksesoris rambut yang terlalu berat juga dapat menimbulkan efek yang sama.

3.       Jangan menyisir rambut yang basah

Akar yang dimiliki oleh rambut yang basah lebih rapuh daripada rambut yang sudah kering. Kalaupun anda ingin merapikannya, gunakan sisir yang memiliki gigi yang jarang. Ketika menggunakan handuk, jangan usap rambut anda terlalu keras. Lakukan dengan lembut guna mengurangi resiko kerontokan rambut.

4.       Keramas

Sebenarnya terlalu sering melakukan keramas juag tidak baik untuk rambut anda. Hal itu  membuat minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala akan berkurang akibat terkikis oleh shampoo. Sebaiknya anda keramas dua hari sekali untuk menghindari kerusakan rambut. Akan lebih baik lagi jika anda memakai kondisioner setelah keramas. Fungsi dari kondisioner ialah mengurangi kekusutan pada rambut sehingga memudahkan anda menyisir rambut anda setelah keramas.

5.       Gunakan serum

Kegunaan serum ialah melindungi rambut dari efek tidak baik sinar matahari. Serum melindungi rambut dari berbagai polusi di lingkungan luar rumah. Serum juga ada yang digunakan sebagai perlindung rambut dari panas berbagai alat pemodif rambut, seperti catok atau hairdryer. Jadi selalu gunakan serum sebelum menggunakan hairstyler.

6.       Minyak essensial

Alangkah baiknya jika anda memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak essensial. Minyak zaitun, merupakan minyak yang memiliki banyak menfaat khususnya mengatasi rambut rontok. Minyak zaitun akan membuat anda semakin kuat dan tahan kerontokan. Panaskan terlebih dahulu minyak zaitun, kemudian usap dan pijat minyak zaitun pada seluruh permukaan kulit kepala secara merata. Kemudian bungkus rambut anda dengan handuk dan biarkan beberapa saat. Setelah merasa cukup, bilas dan bersihkan sisa sisa minyak yang masih menempel di rambut dengan shampoo.

Nah.. itulah beberapa tips mengatasi rambut yang mudah rontok. Semoga dapat banyak membantu anda dan selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*