Cara Menggunakan Audacity



cara menggunakan audacityAudacity merupakan sebuah aplikasi editor musik yang dapat Anda gunakan secara cuma – cuma alias gratis. Anda dapat menambah, memotong, dan mengubah file musik hingga menghilangkan suara dan bagian tertentu dari track audio yang ingin diubah.

Salah satu hal yang paling umum digunakan oleh para editor yang menggunakan Audacity adalah menghilangkan suara vokal dari track audio sehingga bisa menjadi musik untuk karaoke. Bagi yang sudah ahli tentu menghilangkan vokal dari track musik adalah hal yang mudah. Namun, bagi para pemula hal ini tentu sangat sulit.

Vokal biasanya berada di bagian ‘center channel’. Stereo track mempunyai dua channel. Namun, tidak semua instrumen berada dalam keadaan seimbang. Kadang, bass terdengar lebih kuat, rhythm terdengar lirih, dll. Biasanya, vokal merupakan instrumen yang paling kuat, maka kita bisa memisahkan stereo track dan kemudian memasukkan satu channel dengan cara berikut.

  • Buka aplikasi Audacity di komputer dan load lagu yang akan dihilangkan vokalnya. Jika Anda belum punya, Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu dan melakukan instalasi.
  • Setelah Audacity terbuka, pisahkan dua channel lagu dalam 2 track terpisah. Klik ikon panah warna hitam yang ada di judul track. Kemudian masuk ke bagian Split Stereo Track. Pilih, sebuah channel dan klik dua kali untuk memilih track secara keseluruhan. Masuk ke Effect dan Invert audio yang dipilih.
  • Jika Anda menekan ikon play, Anda akan melihat sound lagu yang agak lucu. Sound channel terlihat seperti keluar dari speaker.
  • Langkah terakhir yang perlu kita lakukan cukup mudah yaitu mengeraskan efek dengan mengubah masing – masing track lagu menjadi mono. Klik judul dari tiap – tiap  track seperti saat Anda memisahkan track dan pilih mono dari menu.
  • Sekarang, suara vokal sudah tidak ada lagi di track audio. Setelah Anda berhasil menghilangkan vokal dari track audio, Anda jugs dapat mengisi suara yang hilang dengan suara Anda. Caranya cukup mudah yaitu cukup klik pada tombol Record berwarna merah.

Setelah Anda bisa mendapatkan track audio yang tanpa vokal, jangan lupa untuk menyimpan lagu tersebut dengan mengeblok kedua kanal. Kemudian, klik Export dan track audio tersebut sudah siap untuk digunakan sebagai latar karaoke. Namun, hasil menghilangkan vokal dengan cara invert ini sepertinya kurang begitu memuaskan karena sebagian suara instrumen musik mungkin hilang karena ikut terhapus sehingga membuat musik terdengar aneh.

Untuk mendapatkan kualitas audio tanpa vokal yang lebih baik, sebenarnya Audacity memiliki plugin khusus yang dapat digunakan untuk menghilangkan vokal yaitu dengan Center Pan Remover. Anda bisa menyalin berkas ‘centerpanremover.ny’ dan kemudian paste di dalam folder Plugin Audacity. Untuk menggunakan cara ini, jalankan Audacity. Kemudian buka lagunya. Klik Effect > Center Pan Remover dan pindahkan pengaturan atau setting ke ‘0’. Geser slider batas frekuensi batas bawah dan batas atas. Setelah itu klik OK. Putar lagunya dan Anda akan mendapatkan kualitas yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*