Cara Menggunakan di Microsoft Outlook



cara menggunakan di microsoft outlookCara menggunakan microsoft outlook sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun, hal ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah terbiasa karena bagi mereka yang baru saja mengenal microsoft outlook, mereka mungkin bahkan belum tahu apa itu Microsoft Outlook.

Ms Outlook sebenarnya adalah salah satu program bawaan dari Microsoft Office yang dapat membantu mengelola email baik mengirim email, menerima email, membuat catatan, membuat schedule, dll. Untuk menggunakan ms outlook, di komputer Anda sudah harus ada program office. Untuk membukanya, klik Start > Programs > Microsoft Office > Microsoft Outlook.

Fasilitas – fasilitas yang dapat Anda gunakan dari Microsoft Outlook ini diantaranya adalah:

  • Mail: Disini, Anda dapat mengirim dan menerima email secara langsung. Selain itu, dengan fitur ini, Anda tidak perlu online untuk membuka email sehingga tingal membuka ms outlook.
  • Contacts: Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk menyimpan kontak orang – orang yang Anda anggap penting seperti alamat email, kontak teman, rekan kerja, pacar, dll yang dapat dilengkapi dengan no telp, alamat rumah, alat web, dll.
  • Task & Calendar: Fasilitas Ms Outlook ini memungkinkan Anda untuk mengatur hal – hal yang akan dilakukan sekaligus sebagai pengingat untuk mengatur jadwal Anda.
  • Notes: Fasilitas ini adalah catatan elektronik yang dapat Anda gunakan untuk mencatat hal – hal yang ingin ditulis.

Setelah mengetahui fitur – fitur dari MS Outlook, kini saatnya memasukkan email Anda ke Microsoft Outlook. Pada contoh kali ini, email yang akan digunakan adalah Gmail. Cara setting Gmail di MS Outlook sebenarnya tidak jauh berbeda dengan setting yahoo. Namun mungkin ada beberapa bagian yang berbeda. Berikut ini langkah – langkah untuk setting Gmail di MS Outlook.

  • Buka MS Outlook
  • Jika Anda belum pernah membuka Ms Outlook 2010, biasanya Anda akan mendapat pesan Microsoft Outlook 2010 Startup. Anda dapat mengeklik pada bagian Next. Setelah muncul pesan email configuration, pilih Yes dan Next.
  • Setelah Ms Outlook terbuka klik Account Setting kemudian New sehingga akan muncul pilihan cara setting akun.
  • Pilih pada menu email account. Isi nama, alamat email, dan password sesuai dengan email Anda. Klik Next
  • Tunggu beberapa saat dan klik pada tombol Finish untuk menyelesaikan proses pengaturan email.

Cara ini tentu merupakan cara yang mudah untuk mengatur email di Ms Outlook. Selain cara di atas, sebenarnya ada cara lain untuk mengatur email di Ms Outlook yaitu dengan cara manual. Namun cara ini lebih sulit dari cara di atas. Jika cara di atas gagal, Anda dapat memeriksa pengaturan POP3 pada Gmail dengan cara klik Setting di akun Gmail Anda. Kemudian, di bagian Forwadding and Pop/IMAP, Anda dapat mencentang pada bagian Enabled Pop for All Mail. Setelah itu pilih Save Changes.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*