Cara Menggunakan GPS



Cara Menggunakan GPSPostingan kali ini kami akan menerangkan bagaimana cara menggunakan GPS. Tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita kata-kata GPS, yang sering disuguhkan untuk fitur-fitur otomotif, petualang, mau pun aplikasi-aplikasi gratis. Namun sebelum mengetahui cara menggunakan GPS kita harus mengetahui tentang GPS itu sendiri.

GPS (Global Positioning System) sudah menjadi alat yang wajib dibawa bagi para surveyor dalam melakukan pengamatan vegetasi, satwaliar, fisik lingkungan, dan sebagainya. Dengan menggunakan GPS, kita dapat menentukan lokasi geografis dari suatu titik pengamatan maupun track perjalanan survey. Fungsi altimeter sebagai alat pengukur ketinggian suatu lokasi dan kompas untuk menentukan arah azimuth sudah dapat diwakili dengan menggunakan GPS.

“Menggunakan GPS itu susah enggak sih?” mungkin pertanyaan seperti ini sering terpikirkan oleh kita. Sebenarnya semua alat elektronik yang telah diproduksi adalah barang yang telah diteliti para ilmuan agar penggunaanya tidak terlalu kesulitan alias simple dalam menggunakan. Baiklah simak cara simple dan cepat pengguanaan GPS di bawah ini :

1.       NAMA-NAMA BAGIAN GPS

Sebelum menggunakan GPS kita wajib tahu bagian-bagian GPS itu sendiri. GPS Antenna, Power Key, LCD Display, IN/OUT(ZOOM) Key, Page Key, Rocker Key, Find Key, Mark Key, Qiut Key, Enter Key, Menu Key.

2.       MENGAWALI MENGGUNAKAN GPS

Tentu saja pertama-tama tekan tombol on pada GPS. Sebelum dapat memulai menggunakan GPS harus menunggu dulu “The GPS to initialize”. Proses ini mengijinkan GPS untuk menerima dan menyimpan informasi satelit dan mulai menggunakan satelit untuk navigasi. Pengawalan terjadi secara otomatis dan memerlukan waktu hanya beberapa menit saja (hanya beberapa menit enggak sampai satu jam).

Untuk memulai The Unit, memerlukan satelit.

1. Bawa GPS ke luar ruangan dimana keadaan pemandangan langit cerah dan hidupkan GPS.

2. Tinggu selama GPS mencari sinyal satelit. Selama “Unit” sedang dicari, di layar GPS akan terlihat berita “Acquiring Satellities”

3. Sekali waktu GPS telah menerima sinyal satelit, lokasi yang ditempati anda sekarang tampil tercatat dalam bentuk koordinat yang terlihat di puncak “Page”.

Jika dalam keadaan tertentu GPS tidak dapat mengumpulkan informasi satelit yang diperlukan jangan cemas atau gupuh, cobalah bawa GPS bergerak jalan menuju ke suatu bangunan bertebing, pohon, atau rintangan lain (pokoknya tempat yang memiliki kontur). Setelah sukses, mengaculah ke “Owner’s Manual” untuk informasi lebih lanjut. Dan terlihat peta lokasi anda berada.

3.       MENCIPTAKAN DAN MENAMPILKAN TRACK

Kecanggihan GPS tidak hanya itu, anda bisa membuat sebuah rute perjalanan dengan GPS ini. Track dapat diterjemahkan seperti sebuah jejak kaki. Jejak-jejak kaki diperlihatkaan dengan teliti ke arah manapun anda bergerak. Track tampak seperti titik-titik pada layar “Map Page”. GPS secara otomatis mencatat track-tract dari perpindahan anda dan ditampilkan seperti garis bertitik, yang disebut “a track log”. Untuk memandang atau melihat track pada layar :

1. Tekan tombol PAGE sampai anda melihat layar “Map Page.

2. Jalan kakilah mulai dari lokasi anda sekarang selama kurang lebih 3 menit.

3. Tekanlah tombol IN untuk memperbesar di layar Map Page hingga anda dapat melihat “track log” anda.

 

                Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat…!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*