Cara Menghapus Tattoo



Tatto bagi sebagian orang yang mengilhaminya dalah suatu karya seni yang luar biasa, tetapi bagi sebagian orang awam, seorang yang bertato  dicap sebagai preman atau berandalan. Tatto sendiri terbagi atas dua jenis, yakni tattoo temporer atau biasa disebut tattoo sementara. Tattoo temporer tidak akan menghiasi tubuh kita selamanya, melainkan hanya beberapa minggu sampai beberapa bulan saja. Dan jenis satunya yaitu tattoo permanen. Yap, tattoo tersebut selamanya akan ada pada tubuh pemakainya. Kemudia bagaimana cara menghapus tato permanen? Dan apakah resiko pada saat menghilangkan tato permanen? Berikut ini adalah beberapa cara menghapus tattoo permanen, serta resikonya :
Menghilangkan tato dengan teknik Dermabrasi
Dermabrasi merupakan teknik menghilangkan tato permanen dengan memakai sejenis amplas yang mengandung butiran pasir. Amplas ini digunakan untuk menggosok kulit agar lapisan kulit terluar mengelupas. Kemudian dokter kulit akan mengikis tinta tato yang masih tertinggal dengan menggunakan pisau bedah.
Menghilangkan tato dengan teknik dermabrasi memang relatif murah, namun cara ini mengakibatkan rasa sakit yang sangat luar biasa terlebih jika tato yang ingin dihapus ukurannya cukup besar. Resiko yang muncul dengan teknik ini adalah menyebabkan luka pada tubuh. Tidak jarang akibatnya muncul bekas luka atau meninggalkan bekas jaringan parut yang memberikan penampilan lebih buruk dibanding tato sebelumnya.

Menghilangkan tato dengan teknik mengiris kulit
Teknik mengiris kulit lebih mudah dibanding teknik dermabrasi. Tenik ini adalah dimana dokter bedah mengiris kulit yang memiliki tato. Namun teknik ini memiliki resiko yang jauh lebih besar dibanding teknik dermabrasi dalam terbentuknya bekas luka dan jaringan parut. Teknik ini biasanya digunakan untuk jenis tato yang ukurannya tidak terlalu besar.
Namun teknik mengiris kulit ini sewaktu-sewaktu juga digunakan untuk menghilangkan jenis tato yang berukuran besar. Hal ini dikarenakan tinta tato meresap terlalu dalam di kulit, atau karena penggunaan jenis tinta tato yang tidak mudah dihilangkan.

Menghilangkan tato dengan teknik Cryotherapy
Teknik Cyrotherapy adalah teknik menghilangkan tato dengan cara menggunakan nitrogen cair yang suhunya di bawah titik beku. Cairan ini diteteskan pada jaringan kulit, jaringan kulit akan hancur dan membeku serta luruh dengan tinta tato permanen yang beradadi lapisan di bawah jaringan kulit.
Resiko dengan teknik cyrotheraphy dapat mengakibatkan kerusakan kulit yang sangat serius. Adalah sebuah hal yang sulit untuk menghancurkan tato permanen di bawah kulit tanpa harus merusak lapisan kulit terluar.

Menghilangkan tato dengan krim anti tato
Tidak jauh berbeda dengan teknik cyritheraphy, cara kerja krim anti tato juga menghancurkan tinta tato permanen dan luruh dari jaringan kulit. Krim anti tato diaggap lebih aman bagi kulit pemilik tato, karena biasanya krim anti tato mengandung larutan trichloroacetic acid (TCA). Larutan ini mudah bereaksi dengan tinta tato permanen.
Kelemahan teknik menggunakan krim anti tato teletak pada biayanya yang lumayan mahal. Harga krim ini biasanya di atas $100 dengan masa pemakaian 2 bulan. Krim anti tato juga tidak 100% bisa menghilangkan tato permanen karena efektifitasnya memang masih rendah. Penggunaan krim anti tato ini lebih cendrung disebut untuk menyamarkan tato saja.

Menghilangkan tato dengan teknologi laser
Penggunaan teknologi laser adalah teknik yang lebih cukup efektif dibanding teknik lainnya saat ini. Menghilangkan tato dengan laser juga paling aman bagi kesehatan kulit. Cara kerja laser adalah dengan cara mengurai partikel tinta tato permanen yang berada di bawah permukaan kulit, teknik ini menjadikan tinta tato jadi lebih dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh secara alami.
Menggunakan teknologi laser tentu saja membutuhkan biaya yang cukup mahal. Teknik ini juga membutuhkan waktu relatif lama untuk menghapus warna tertentu tinta tato seperti warna putih, hijau, dan oranye. Setelah menjalani proses laser, pemilik tato dianjurkan menggunakan tabir surya. Terutama bagi pemilik tato yang memiliki kulit sensitif.

Demikianlah cara-cara menghapus tattoo permanen. Pertimbangkan resikonya dulu sebelum anda memutuskan membuat tattoo permanen pada tubuh anda. Sekian, Terima Kasih.
(abu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*