Cara Menghilangkan Bekas Jerawat



Jerawat adalah penyakit kulit yang biasanya menyerang seseorang pada masa pubertas. Jerawat paling banyak muncul pada bagian-bagian tubuh yang mengeluarkan minyak berlebih, seperti di daerah wajah dan punggung. Factor lain yang mempergaruhi munculnya jerawat adalah adanya hormone berlebih pada masa pubertas. Banyak factor yang mempengaruhi tumbuhnya jeraawt pada bagian-bagian tubuh manusia, seperti timbulnya minyak berlebih, adanya bakteri atau peradangan, mengelupasnya sel kulit secara tidak teratur, maupun meningkatnya hormon. Banyak cara untuk menghilangkan jerawat, tapi tidak demikian untuk menghilangkan bekas jerawatnya sekaligus.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips-tips cara menghilangkan bekas jerawat. Silahkan simak tips-tips berikut:

 

Mencuci wajah minimal 2 Kali Sehari

Cara alami menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan  mencuci wajah minimal 2 kali dalam sehari. Hal ini akan membantu menghilangkan minyak pada kulit wajah sekaligus mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Namun sangat disarankan bagi Anda agar tidak mencuci wajah terlalu sering apalagi sampai menggosok wajah secara berlebihan. Jika Anda melakukan hal tersebut, kulit Anda menjadi kering dan akan menghilangkan minyak pada kulit, dan hasilnya, kulit wajah Anda akan memproduksi minyak lebih banyak dari sebelumnya. Cukuplah mencuci wajah 2 kali sehari saja dengan menggunakan sabun yang lembut. Dan gunakanlah sabun yang tanpa deterjen agar resiko peradangan kulit lebih rendah.

 

Bersihkan wajah sebelum tidur.

Setelah mencuci muka, sebaiknya Anda mengeringkan wajah Anda dengan handuk yang bersih  karena tempat yang lembab disukai oleh bakteri

 

Menggunakan kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit wajah

Tipe kulit wajah manusia berbeda-beda, ada yang berminyak dan ada yang normal atau kering. Inilah penyebab sehingga terkadang produk yang kita gunakan tidak memberikan manfaat, bahkan malah menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi sebelum Anda memilih kosmetik, sebaiknya kenali dulu tipe kulit wajah Anda.

 

 

Menggunakan bahan alami untuk kosmetik/masker

Selain menggunakan kosmetik hasil produksi pabrik, kita bisa membuat kosmetik sendiri dengan bahan alami di sekitar kita, seperti:

Bubuk kayu cendana yang dibuat pasta

Bubuk kayu cendana dapat bekerja secara ajaib untuk menutupi pori-pori kulit yang besar bekas jerawat. Caranya oleskan pada bekas jerawat sebelum tidur dan gunakan semalaman, lalu bilas dengan air dingin di pagi hari. Pemakaian yang rutin akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan es batu

Pori-pori kulit setelah jerawatan biasanya membesar, untuk mengencangkannya bisa diusap-usap dengan es batu di wajah selama 15 menit.

Menggunakan mentimun dan tomat

Menggosok-gosokkan kulit bagian dalam timun atau tomat ke wajah adalah cara lain menghilangkan bekas jerawat. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Tomat tidak hanya mengecikan pori-pori tapi juga menghilangkan komedo dan cocok untuk pengobatan kulit berminyak.

 

Memperbanyak minum air putih

Air merupakan komponen utama dari tubuh, rata-rata tiap orang memiliki 60% air dari berat tubuhnya. Selain menjaga kesegaran dan kecantikan kulit, air juga berfungsi mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh melalui air seni atau urine. Karena itu minumlah minimal 2 L atau 8 gelas per hari agar menjaga tubuh kita tetap sehat.

 

Membiasakan memakan sayur dan buah-buahan

Kita sudah tahu bahwa sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin. Karena itu perbanyaklah makan sayur dan buah, terutama yang mengandung vitamin E agar kulit tetap sehat sehingga jerawat lebih sukar tumbuh dan berkembang.

 

Tidur yang cukup dan teratur

Hal ini akan membuat kulit beregenerasi dan membuang racun-racun yang berbahaya sehingga membuat kulit kembali segar.

Demikian tips-tips dari saya, semoga bermanfaat bagi anda, silahkan mencoba. Terima Kasih.

(abu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*