Cara Menghilangkan Bulu Ketiak



Sebagian orang berpikiran bahwa bulu rambut dapat menimbulkan bau asam pada ketiak. Memiliki bulu ketiak yang panjang dan tidak terawat juga mencerminkan pribadi seseorang. Banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak. Silahkan simak tips-tips berikut :

1. Mencukur dan Mencabut Bulu Ketiak

Mencukur adalah metode yang paling umum untuk menghilangkan rambut ketiak dengan menggunakan  pisau cukur. Pisau cukur ini banyak jenisnya mulai dengan pisau cukur manual hingga pisau cukur listrik. Cara mencukur ini terbilang metode yang nyaman, termudah dan paling murah.

Namun demikian,  cara ini hanya memberikan hasil jangka pendek. Bulu ketiak biasanya  dapat tumbuh lebih cepat dan lebih tebal dari sebelumnya. Disaat bulu ketiak anda tumbuh kembali terkadang menimbulkan rasa gatal.

Sebelum mencukur bulu rambut, oleskan terlebih dahulu krim atau busa pencukur di ketiak anda.  Gunakan pisau cukur yang tajam. Ini sangat penting karena pisau cukur yang tumpul dapat menyebabkan iritasi dan rasa perih pada ketiak.

Mencukur rambut ketiak dilakukan dengan searah pertumbuhan rambut lalu lembabkan atau basahi ketiak setelah anda selesai mencukurnya. Hal ini dimaksudkan sebagai pengganti minyak pada permukaan kulit ketiak agar tidak terasa kasar dan kering.

Selain itu, bulu ketiak juga bisa dihilangkan dengan cara dicabut dengan menggunakan tangan atau pisau cabut biasa. Hanya saja metode ini akan meninggalkan rasa sakit dan kemungkinan adanya pembengkakan di sekitar kulit ketiak.

2. Metode Waxing

Waxing adalah metode paling populer yang semi-permanen menghilangkan rambut ketiak. Dalam metode ini, lilin dioleskan di kulit ketiak lalu dicabut dengan cara melawan arah pertumbuhan rambut. Metode ini memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan.

Keuntungan menggunakan metode waxing seperti karena dapat menghilangkan rambut ketiak secara keseluruhan dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, pertumbuhan rambut sedikit lama dari metode cabut bulu ketiak.  Jika metode ini terus dilakukan akan mengurangi pertumbuhan bulu ketiak anda.

Kelemahan menggunakan metode waxing  adalah karena dapat menyebabkan rasa sakit, dapat menyebabkan bengkak pada ketiak dan bisa menyebabkan keluarnya darah pada permukaan kulit ketiak.

3. Gunakan Hair Removal Cream

Menghilangkan rambut atau bulu ketiak dapat pula dilakukan dengan menggunakan krim khusus penghilang rambut (hair removal cream) yang bisa didapatkan di toko obat. Cara kerja dari cream ini adalah menghancurkan keratin rambut.

Keuntungan dari menggunakan krim perontok rambut ketiak ini adalah sangat mudah digunakan dan pertumbuhan rambut ketiak berikutnya juga butuh waktu yang sedikit lama. Sisi negatifnya dengan menggunakan krim perontok bulu ketiak ini adalah dapat menyebabkan iritasi kulit ketiak.

4. Metode Elektrolisis

Teknik elektrolisis ini adalah adalah metode menghilangkan rambut atau bulu ketiak secara permanen selama bertahun-tahun. Cara kerja elektrolisis ini menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam folikel rambut untuk memberikan arus listrik kecil yang membunuh sel-sel rambut. Metode ini harus dilakukan dibawah pengawasan tenaga ahli yang berpengalaman.

5. Metode Laser

Metode laser juga dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu rambut ketiak dengan memfokuskan sinar laser pada folikel rambut ketiak. Energi laser diserap oleh rambut dan menyebabkan terhentinya pertumbuhan rambut.

Selain menggunakan metode terkini, menghilangkan bulu ketiak juga dapat dilakukan dengan metode tradisional seperti berikut :

  • Gunakan kunyit yang telah dicelupkan ke dalam air kapur sirih sebagai bahan oles pada ketiak setelah anda mencabut bulu ketiak.
  • Gunakan ramuan jintan putih 20 biji, kapur barus 3 butir ditambah air jeruk kemudian dihaluskan. Oleskan ramuan ke daerah ketiak setelah anda mencabut bulunya.
  • Gunakan ramuan merica 20 biji, kapur barus 3 butir kemudian dihaluskan lalu diberi minyak tanah secukupnya. Oleskan ramuan ini pada ketiak sebelum tidur. Hal ini akan membuat bulu ketiak anda rontok dengan sendirinya.

Sekian tips-tips dari saya, silahkan mencoba. Terima Kasih!
(abu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*