Cara Menghilangkan Mata Ikan



Mata ikan adalah Penyakit pada kulit manusia yang menurut istilah medis disebut Clavus atau Plantar Wart. Penyakit yang sering menyerang pada kaki, terkadang juga ada di tangan. Salah satu tanda munculnya penyakit mata ikan adalah penebalan kulit karena tekanan atau gesekan benda keras. Selain itu kulit yang sama berada di tempat lembab sehingga menjadi keras atau disebut sebagaikeratinous plug. Pada awalnya penebalan kulit ini berfungsi untuk melindungi kulit, namun jika bertambah luas akan mengakibatkan radang atau nyeri.

Mata ikan menonjol ke dalam dan sesuai nama memiliki inti di tengahnya yang mirip dengan mata ikan yang bening dan sakit jika disentuh. Jika kondisi menjadi parah, maka akan timbul ulkus atau borok. Mata ikan umumnya muncul di bagian telapak kaki, di daerah tumit.

Gejala-gejala mata ikan:

  • Gatal-gatal dibagian dalam kulit jari tangan,
  • Kemudian muncul benjolan kecil berisi air.
  • Benjolan tersebut lama-lama menjadi keras dan besar.
  • Jika ditekan akan terasa sakit

Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya mata ikan:

  • Mengenakan sepatu yang sempit dan menekan kaki.
  • Mengenakan sepatu berhak tinggi yang dapat menekan bagian depan kaki.
  • Mengenakan sepatu yang terlalu longgar dapat menyebabkan kaki bergesek dengan sepatu akibat adanya ruang.
  • Sepatu dengan alas yang tipis dapat menimbulkan tekanan yang lebih besar pada daerah telapak kaki ketika berjalan dibanding dengan yang beralas tebal.
  • Mengenakan sepatu atau sandal tanpa kaos kaki.
  • Mengenakan kaus kaki yang tidak pas.
  • Pada orang dengan berat badan berlebih, karena tekanan pada kakinya lebih besar.
  • Berjalan tanpa alas kaki.
  • Kondisi apapun yang menimbulkan tekanan dan gesekan berkepanjangan pada anggota tubuh, misalnya penggunaan palu pada tukang kayu, dapat menimbulkan mata ikan di daerah dengan tekanan dan friksi terbesar.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips-tips cara menghilangkan mata ikan. Silahkan simak tips-tips berikut :

Pertama beli kapur sirih, basahi dengan air. lalu oleskan pasta kapur sirihnya pas di mata ikan. ingat! oleskan hanya tepat di mata ikan saja karena jika meluber, maka kulit disekitar mata ikan akan bisa ikut terkelupas. Berikan olesan agak banyak tepat di atas mata ikan (biarkan sedikit menggenang tepat diatas mata ikan) lalu diamkan beberapa saat sampai mengering (berwarna putih), kemudian tutup dengan plester. Lakukan ini dua kali sehari, setelah mandi pagi dan sebelum tidur. periksa mata ikan setiap kali akan ditetesi obat dan ganti plester. jika lapisan kulit sudah agak mengelupas, maka anda sebaiknya mengelupas kulit dengan pelan-pelan. Intinya, kulit yang terkelupas, akan membuat mata ikan tidak memiliki ruang lagi untuk menempel. Pada akhirnya, akarnya akan kelihatan dan kita bisa mencabut/mengambilnya.

Setelah akar mata ikan diambil, maka proses pengobatan dianggap telah selesai karena mata ikan anda sudah sembuh. Jika mata ikan teridentifikasi lebih awal, maka proses penyembuhan akan lebih cepat, biasanya mata ikan yang muncul untuk kedua kalinya dan masih berukuran kecil, bisa sembuh hanya dalam waktu seminggu.

Kalau terlambat alias mata ikan sudah menebal dan terasa sakit ketika kaki digunakan untuk berjalan, maka proses penyembuhannya sedikit lebih lama, bisa sampai sebulan, tergantung dari parahnya. lakukan tips diatas secara teratur/telaten agar proses penyembuhan lebih cepat dan jangan lupa berdo’a setiap kali kita mengoleskan obatnya.

Sekian tips-tips dari saya, silahkan mencoba, semoga bermanfaat. Terima kasih!
(abu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*