Cara Mengobati Bisul



Cara Mengobati BisulBisul atau abscessus merupakan kumpulan nanah (neutrofil mati) yang terakumulasi di rongga pada jaringan setelah terinfeksi sesuatu (bakteri atau parasit) atau barang asing. Bisul adalah reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari menyebarnya barang asing di tubuh. Barang asing atau organism asing dapat membunuh sel disekitarnya yang dapat membuat keluarnya toksin. Toksin itu akan mengakibatkan radang, lalu sel darah putih mengalir ke tempat tersebut, dan akan meningkatkan aliran darah di temoat tersebut.

Penyakit bisul umumnya lebih sering diderita oleh anak-anak dan balita ketimbang orang dewasa. Hal tersebut karena anak-anak dan balita masih mempunyai system kekebalan tubuh yang relatif rendah sehingga lebih mudah terkena penyakit. Banyak mitos yang mengatakan bahwa jika orang yang banyak memakan telur akan mudah muncul bisul, tetapi pernyataan tersebut hanyalah mitos belaka dan sama sekali tidak benar. Sebenarnya bisul dapat timbul oleh beberapa hal seperti berikut :

  1. Ada bakteri stafilokokus atau jamur dan kuman yang tersimpan di dalam folikel rambut.
  2. Kalenjar minyak pada kulit yang tersumbat
  3. Lingkungan sekitar yang kurang terjaga kebersihannya
  4. Daya tahan tubuh disaat lemah, yang membuat anda akan lebih mudah terinfeksi oleh bakteri maupun jamur yang dapat mengakibatkan penyakit.
  5. Pakaian yang tidak steril atau tidak bersih atau memakai pakaian yang sudah dipakai berhari-hari. Sehingga timbul gesekan dari pakaian yang membuat bakteri masuk melalui kesempatan tersebut.
  6. Adanya benda asing yang masuk di permukaan tubuh maupun jaringan kulit bagian dalam yang mengakibatkan timbul bisul.
  7. Pengeluaran darah kotor yang tidak langsung dibersihkan akan menimbulkan bakteri dan kuman

Hal-hal yang harus dihindari ketika bisulan yaitu :

  1. Jaga kebersihan badan terutama pada bagian bisul, jangan sampai kotor karena lapisan kulit yang labil pada area bisul lebih rentan terkena infeksi tambahan dari luar.
  2. Untuk sementara jangan makan-makanan berprotein seperti telur, susu, daging ayam broiler, dan setara nya.
  3. Hindari memakai pakaian yang ketat, karena bisa jadi gesekan antara kulit permukaan bisul dan pakaian bisa menyebabkan luka yang lebih serius.

Sebenarnya ketika muncul bisul pada permukaan kulit kita, salah satu hal yang dapat mempercepat kesembuhan yaitu mempercepat bisul pecah kemudian kering. Tetapi jangan dengan cara menusuknya atau memencetnya dengan kasar. Berikut ini cara yang benar untuk mengobati bisulan :

  1. Usahakan sesering mungkin mengoleskan salep anti biotik di area sekitar bisul agar bakteri terhambat perkembangan tumbuh nya, jadi area bisul tidak lagi bertambah besar.
  2. Seka menggunakan air hangat yang dicampur garam dengan tujuan melancarkan darah di area bisul sehingga bisul cepat naik kepermukaan dan akhirnya pecah.
  3. Jika bisul sudah pecah, akan keluar nanah dan cairan, kemudian bersihkan jangan sampai cairan yang berisi bakteri ini menginfeksi jaringan kulit di sekitar bisul.

Gunakan daun sirih, ambil beberapa daun sirih, lalu rebus sampai mendidih, biarkan agak dingin ( hangat ) lalu seka ke bagian bisul yang sudah mulai pecah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*