Cara Mengobati Insomnia



Sebelum membahas tentang insomnia, saya akan memberikan pengertian tentang insomnia.
Insomnia adalah keadaan dimana  seseorang tidak dapat tidur dalam waktu yang cukup, tidak dapat memejamkan mata atau mengistirahatkan pikiranya walaupun dalam sejenak. Ada banyak alasan mengapa seseorang dapat mengalami insomnia, mulai kegelisahan hingga biopolar disorder. Tetapi terkadang tidak ada penyebab nyata, namun hanya karena suatu alasan, seperti terlalu banyak aktifitas fisik dan rasa sakit juga dapat membuat seseorang sulit tidur.
Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips-tips untuk anda yang sering mengalami insomnia.

1. Mandilah yang lama dan senyaman mungkin dengan air hangat  sebelum berangkat tidur. (cara ini dapat menurunkan ketegangan otot-otot tubuh, sehingga Anda dapat rilek betul sebelum tidur).

2. Aturlah  ruang tidur senyaman mungkin. Ciptakan suasana yang tenang dan gelap. Gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar dan jaga suhu ruangan senyaman mungkin (jangan terlalu panas atau dingin).

3. Hilangkan semua kecemasan ketika tidur. Maksudnya, anda harus membuat pikiran anda setenang mungkin.

4. Menghitung secara perlahan serupa dengan aktivitas hipnotis. Dengan membayangkan citra monoton yang terus menerus, mungkin akan membuat Anda bosan dan akhirnya dapat tidur

5. Langkah yang tidak kalah pentingnya adalah dengan terapi refleksi yang dapat mengendorkan ketegangan akibat rutinitas dan telah terbukti mampu mengobati imsomnia kronis.

6. Melakukan olahraga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolahraga, kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress  yang muncul dengan lebih baik.

7. Menghindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan seringnya ke belakan untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan mengganggu kenyenyakan tidur.

8. Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat  stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak diperlukan bila ingin tidur.

9. Makan makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia tambahkan dengan segelas susu hangat

10. Berhenti menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.

11. Menggunakan tempat tidur, hanya untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur.

12. Saat berbaring di tempat tidur maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

13. Melakukan aktivitas relaksasi secara rutin dengan cara mendengarkan musik , melatih pernafasan, meditasi dan lain-lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempermudah untuk tidur.

14. Menjernihkan pikiran. hilangkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran melalui sebuah media.

15. Tidur dan bangun dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur selanjutnya

Sekian tips-tips dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih!

(Abu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*