Cara Mengobati Luka Bakar



Cara Mengobati Luka BakarLuka bakar adalah luka yang menyerang permukaan kulit kita yang dapat diakibatkan oleh api, benda-benda panas, bahan-bahan kimia dan juga banyak bahan-bahan lainnya. Banyak orang yang salah besar dalam mengobati luka bakar sehingga mengakibatkan bekas luka bakar pada kulit yang sulit untuk$ disembuhkan. Sebenarnya akibat yang dihasilkan luka bakar antara anak-anak dan dewasa lebih banyak beresiko pada anak-anak, karena pada anak-anak kulitnya masih rentan dan jaringan kulitnya masih tipis.Luka bakar di lapisan permukaan kulit bisa terasa lebih sakit daripada luka bakar dalam. Pada luka bakar dalam, biasanya kulit sudah berubah warna menjadi putih dan tidak terlalu sakit. Sedangkan luka bakar pada permukaan kulit biasanya menyebabkan kulit berwarna kemerahan dan rasanya sakit sekali.

Cara mengobati luka bakar :

1.       Lepaskan pakaian

Langkah yang harus pertama kali dilakukan untuk mengobati luka bakar adalah lepaskan pakaian yang terkena panas atau terbakar. Jika pakaian yang terkena panas atau terbakar itu menempel pada kulit maka biarkan luka sampai benar-benar kering dan dingin lalu lepaskan pakaian yang terbakar pada kulit saat luka dibersihkan.

2.       Dinginkan

Dinginkan daerah kulit yang terkena luka bakar kurang lebih 20 menit dengan air bersih yang mengalir. Ini merupakan cara yang paling efektif untuk sedikit mengurangi rasa sakit pada luka bakar, setidaknya 3 jam setelah kejadian.

Jangan pernah menggunakan es untuk mengobati luka bakar karena es akan mengkerutkan pembuluh darah sehingga menambah resiko luka bakar dan juga derajat lukannya. Jika luka bakar mengena mata maka siramlah mata dengan air bersih yang mengalir kurang lebih 15 menit saja.

3.       Pembersihan

Jangan lupa bersihkan kulit yang terkena luka bakar dengan menggunakan obat atau zat anastesi untuk mengurangi rasa sakit. Sebaiknya buang bagian kulit / jaringan kulit yang sudah mati untuk mempercepat proses penyembuhan dan meminimalisir resiko infeksi.

4.       Berikan anti tetanus

Langkah ini juga merupakan hal yang penting untuk mengobati luka bakar yang sifatnya dalam. Tetapi obat anti tetanus ini tidak boleh diberikan pada bagian wajah, ibu hamil, ibu yang menyusui bayi kurang dari 2 bulan, bayi yang baru lahir, dan juga orang yang memiliki alergi sulfa.

5.       Penutupan luka

Ini adalah langkah terakhir untuk mengobati luka bakar tersebut yaitu dengan cara tutup dengan menggunakan kasa pada luka bakar. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi pengeluaran panas sebagai akibat dari hilangnya jaringan kulit.

KETERANGAN :

Maka dari itu ada baiknya anda lebih hati-hati dengan sesuatu yang berhubungan dengan api karena jika ceroboh anda akan terluka. Untuk kesembuhan luka bakar anda, jangan pernah mengolesi luka dengan menggunakan odol, mentega,minyak, oli, balsem, atau larutan yang lainnya karena bisa menghambat penyembuhan dan dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada luka bakar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*