Cara Merawat Gigi



cara merawat gigiMenurut World Health Organization (WHO), pada 2012 ada sekitar 60-90 persen penduduk sebuah negara yang mengalami gigi berlubang. Termasukkah anda dalam presentase diatas? Kita sering menganggap remeh masalah yang sebenarnya serius ini. Menjaga kebersihan gigi dan mulut hendaknya kita lakukan sejak dini. Sehingga ketika kita menginjak dewasa, kita akan terbiasa melakukannya. Berikut ini adalah sedikit tips dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut :

1. Menggosok gigi

Dalam sehari, kita hendaknya menggosok gigi sebanyak 2 kali. Yakni di pagi hari dan sebelum tidur. Sebaiknya kita menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

2.    Obat kumur

Berkumur dengan obat kumur sangatlah membantu dalam pencegahan tumbuhnya plak dan karang gigi. Sebaiknya kita berkumur sekali dalam seminggu.

3.    Disiplin

Dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut, kita harus melakukannya secara teratur. Menggosok gigi dengan benar salaha satunya, dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.

4.    Sikat gigi

Memilih sikat gigi yang benar adalah memilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut. Hal tersebut akan membuat kita nyaman dalam menggosok gigi tanpa melukai gusi.

5.    Pola makan sehat

Konsumsi buah dan sayur yang dapat menyehatkan gigi dan mulut seperti apel, wortel dan seledri. Mengkonsumsi susu sapi akan membuat tulang dan gigi kita kuat.

6.    Menghindari makanan yang kurang sehat

Batasi konsumsi minuman berakhohol, kopi, the, serta anggur. Konsumsi rokok akan membuat warna gigi kita tidak cerah dan menguning.

7.    Hindari makanan manis

Makanan manis seperti permen, coklat, gula dan sebagainya akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

8.    Pemeriksaan teratur

Periksalah gigi anda ke dokter gigi paling tidak 6 bulan sekali, sehingga kesehatan gigi anda akan terkontrol dan terjaga dengan baik.

Selain itu ada beberapa makanan yang dapat membuat gigi kita sehat. Antara lain :

1.       Apel

‘Sikat gigi alami’ merupakan julukan yang pas buat buah yang satu ini. Mencegah penumpukan plak, merangsang gusi dan meningkatkan aliran air liur merupakan manfaat yang dapat kita peroleh saat memakannya.

2.       Seledri

Banyka manfaat yang dikandung oleh seledri. Saat memakannya, seledri membantu memproduksi air liur sehingga dapat mencegah produksi plak. Seledri juga merupakan makanan yang dapat mengusir bakteri jahat di dalam mulut.

3.       Keju

Keju mengandung kasein yang dapat membantu memperkuat permukaan gigi anda. Makanlah keju walaupun sepotong guna mencegah pembusukan pada gigi yang rentan berlubang.

4.       Kakao

Kakao sebenarnya baik untuk gigi Anda. Kakao mengandung zat yang membantu untuk mengurangi peradangan gusi dan mencegah erosi gigi serta pembusukan.

Yap.. itulah beberapa tips dari saya dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Semoga dapat meningkatkan kepercayaan anda di hadapan orang lain dan dapat memberikan senyum yang sehat, serta indah menawan J

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*