Cara Merawat Kamera Digital



cara merawat kamera digitalSaat ini berbagai macam produk kamera digital sudah banyak sekali yang membanjiri pasaran. Para konsumen pun langsung menangkap produk – produk baru yang ada di pasaran. Kamera memang sudah bukan lagi barang mewah. Tetapi, banyak orang masih belum paham cara menggunakan dan cara merawat kamera digital sehingga hal ini dapat membuat kamera cepat rusak dan tidak dapat bertahan lama. Agar kamera digital Anda dapat lebih awet dan menunjukkan performa maksimal, berikut ini beberapa tips untuk merawat kamera digital Anda.

  • Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Kamera digital sebaiknya jangan terkenal sinar matahari langsung atau terkena sinar yang berlebihan karena panas yang tinggi bisa merusak komponen – komponen kamera yang terbuat dari karet dan plastik serta komponen elektronik lainnya

  • Hindari Goncangan yang Berlebihan

Setelah selesai digunakan, sebaiknya kamera segera dimasukkan ke dalam tas khusus kamera. Hal ini bertujuan untuk menghindari guncangan berlebihan dan benturan dengan peralatan lain yang bisa merusak kamera.

  • Bersihkan Kamera Secara Teratur

Paling tidak bersihkan kamera digital Anda seminggu sekali atau secara berkala. Untuk membersihkan bagian fisik kamera, Anda bisa menggunakan lap kering yang halus dan bersih. Untuk membersihkan elemen – elemen kecil dan bagian dalam, gunakan peniup atau blower yang saat ini sudah banyak dijual di toko kamera.

  • Lensa Jangan Sampai Tergores

Lensa sebaiknya mempunyai filter ulir yang dipasang permanen di bagian depan. Filter yang dapat menjadi pelindung lensa adalah jenis filter ultra violet (UV) atau filter skylight. Untuk menghindari goresan pada bagian belakang lensa, sebaiknya Anda selalu memasang bodycup penutup ketika lensa dilepas dari kamera.

  • Hindari Air Laut

Banyak orang yang belum tahu bahwa air laut sangat jahat dan menjadi penyebab utama munculnya karat pada kamera atau perangkat elektronik yang lain. Namun, jika kamera digital Anda memang dirancang khusus untuk mampu bertahan di air laut, hal ini tidak menjadi masalah.

  • Lensa Jangan Terlalu Sering Dibersihkan

Sebaiknya lensa dibersihkan hanya pada saat berjamur karena kaca lensa sangat peka. Jika lensa sering dibersihkan, hal ini dapat menyebabkan kualitas gambar menjadi kurang bagus.

  • Jangan Simpan Kamera Digital di Lemari Pakaian

Menyimpan kamera bersama dengan pakaian bisa mengundang jamur yang menempel di lensa bagian dalam kamera. Oleh sebab itu, kamera dianjurkan disimpan di tempat khusus.

  • Hati – Hati dengan Kapur Barus

Kapur barus adalah perusak yang paling berbahaya untuk kamera yang bisa merusak bagian – bagian kamera, terutama bagian yang terbuat dari karet. Kapur barus pada kamera elektronik juga bisa merusak jalur di PCB yaitu tempat beberapa elemen chip kamera. Uap kapur barus juga bisa membuat flek dan mengotori lensa kamera. Oleh sebab itu, jauhkan kamera digital Anda dari kapur barus.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*