Cara Merawat Komputer



Cara Merawat KomputerAnda memiliki komputer di rumah?? Jika ya, apakah anda sudah merawatnya dengan benar??

Mungkin anda sudah merawatnya tetapi tidak tahu cara yang benar. Sekarang saya akan membahas tentang cara merawat komputer.

Perhatikan Tegangan

Anda harus memperhatikan Tegangan yang masuk pada komputer anda karena ini dapat berakibat juga pada performa PC anda saat ini dan kedepannya. Gunakan Stabilizer agar aliran listrik yang masuk ke Power suply tetap stabil. Jika perlu gunakan UPS untuk menjaga jika komputer kehilangan power linstrik secara tiba-tiba.

Ventilasi Yang Cukup

Ventilasi udara sangat berperan bagi kesehatan komputer anda. Jika ventilasi udaranya kurang maka komputer anda akan kepanasan/Overheat dan ini dapat menyebabkan kerusakan pada system maupun hardware.karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan. Jangan lupa juga untuk menambahkan kipas di dalam casing jika anda merasa ada komponen yang mengalami overheat.

Defrag Hardisk Secara Berkala

Mendefrag Hardisk dapat mempercepat proses/kinerja hardisk anda. Disk defragmenter berfingsi untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenisnya sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write yang menyebabkan beban kerja akan lebih ringan. Lakukan defragment seminggu sekali. Mendefrag hardisk juga dapat memperpanjang umur harddisk. Tetapi jika anda menggunakan SSD jangan sekali-kali mendefragnya karena mendefrag SSD akan mengurangi umur SSD anda setengahnya.

Hati-hati meletekan speaker

Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitor Karena medan magnet yang ada pada speaker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.

Pasang kabel ground

Apabila casing menyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yang lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yang seharusnya tidak mengalir ke luar(casing) sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.

Bersihkan Recycle Bin secara rutin

Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lamban. Jadi anda harus membersihkan Recycle Bin secara berkala minimal 1 minggu sekali.

Bersihkan komputer.

Untuk tahap awal anda harus membersihkan komputer Anda. Baik dari dalam maupun luar.

Yang dimaksud dari dalam adalah membersihkan operating system yang anda gunakan dengan beberapa software pembersih, seperti: Ccleaner, Tune up, dll. Semua ada juga beberapa program gratis yang bisa anda dapatkan di internet untuk membersihkan komputer anda.

Bersihkan Operating system anda seminggu sekali. Dan untuk membersihkan dari luar anda dapat membersihkan debu-debu yang menumpuk pada atas casing komputer anda. Bersihkan juga bagian dalam casing(komponen yang ada di dalam) dengan sikat gigi yang tidak terpakai.

Untuk membersihkan bagian luar ini anda harus melakukannya jika menurut anda sudah banyak debu yang menumpuk.

 

Jangan lupa juga untuk membersihkan layar komputer anda. Bersihkan layar dari debu juga agar terlihat bersih. Untuk membersihkan layar gunakan tisu basah(untuk bagian depan layar), atau anda dapat membeli pembersih layar di toko komputer terdekat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*