Cara Merawat Laptop



Cara Merawat LaptopApakah Anda memiliki laptop? Jika ya, apakah anda tahu cara merawatnya? Mungkin anda sudah tahu cara merawatnya. Tetapi apakah anda tahu cara merawatnya dengan benar? Jika belum mungkin disinilah tempat yang tepat untuk mengetahuinya. Langsung saja saya akan memberi tahu cara merawat laptop.

 

Jaga kebersihan laptop anda

Usahakan laptop anda tidak boleh ada debu sama sekali, selalu setiap habis dipakai lap dengan kain putih bersih agar bebas debu. Pakai pelindung layar dan pelindung keypad juga. Jangan Sembarangan Menggunakan Cairan Pembersih Pada Layar, Pakailah Pembersih Kaca. Semprotkan Pada Kain Halus Atau Katun, Lalu Poles Layar Monitor. Jangan Menyemprotkan Langsung Pada Layar, Karena Bisa Menyebabkan Pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) Menjadi Belang. Bersihkan Secara Searah, Misalnya Dari Atas Ke Bawah Atau Dari Kiri Ke Kanan, Serta Jangan Menekannya Terlalu Keras.

Jaga baterai Laptop

Jagalah baterai laptop anda yaitu dengan cara tidak menggunakan laptop saat mengisi baterai. Jika sudah penuh cabut dan gunakan laptop anda sampai baterai tersisa hanya sedikit. Tetapi jika anda ingin menggunakan laptop dengan jangka waktu yang cukup lama tancapkan charger laptop anda pada laptop dan lepaskan baterai laptop.

Jangan Menggunakan Laptop Di Atas Tempat Tidur

Laptop Memiliki Sirkulasi Pertukan Udara Diberbagai Bagian Bodynya. Sebagian Ada Yang berada Di Bagian Bawah. Ketika Kita Meletakkan Di Alas Yang Lembut (Seperti Tempat Tidur, Sofa Dan Sebagainya), Maka Bagian Sirkulasi Bawah Akan Tersumbat. Tentu Saja Ini Tidak Baik Untuk Kelangsungan Kinerja Laptop Ketika Sedang Berjalan Maupun Umur Laptop Anda.

Hindarkan dari Sinar Matahari

Hindarkan Laptop anda dari sinar matahari secara langsung. Laptop adalah alat yang sangat sensitif dan mudah rusak jika terkena sinar matahari secara langsung. Baik ketika kita kerja maupun ketika kita menyimpannya pun harus terlindung dari sinar matahari. Dan Jangan Meninggalkan Laptop Di Dalam Mobil Yang Diparkir Di Bawah Sinar Matahari. Panas Yang Berlebihan Di Dalam Mobil Bisa Menyebabkan Kerusakan Komponen-Komponen Laptop.

Jangan Letakan benda di antara keyboard dan layar laptop

jangan letakan benda apapun diantara keyboard dan layar Laptop lalu menutupnya. Resiko layar Laptop tergores cukup besar jika kita menyimpan barang apapun diantara keyboard dan layar Laptop, meskipun barang tersebut adlah kertas sekalipun resiko tergores tetap cukup besar.

Hindari getaran elektromagnetik

Jauhkan laptop anda dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.

Cara Menyimpan Laptop

Bila Anda Akan Menyimpan Laptop Dalam Waktu Lama, Sebaiknya Lepaskan Baterai Dan Simpan Dalam Tempat Yang Sejuk Dan Kering, Serta Bersirkulasi Udara Yang Cukup Baik. Taruh Silikon Gel Untuk Menghindari Jamur. Begitu Ingin Menggunakannya Kembali, Charge Baterai Dengan Cara Mengisi Dan Mengosongkan Sepenuhnya Sebanyak Tiga Kali Berturut-Turut.

Jangan Coba membongkar laptop sendiri

Jika laptop anda bermasalah, jangan coba-coba untuk mencoba betulkan sendiri. Lebih baik diserahkan ke tukang service terdekat. Karena jika anda membetulkan sendiri bisa-bisa kerusakan menjadi semakin berat. Apalagi kalo masih garansi lalu anda membongkar laptop sendiri dan merusak sticker garansi yang masih ada pada laptop

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*