Cara Merawat Mata



cara merawat mataMata merupakan organ tubuh yang amatlah penting bagi manusia. Mata adalah alat indra yang sangat vital. Tanpa mata, atau jika mata kita tidaklah berfungsi dengan baik, tentunnya akan berdampak buruk bagi kegiatan atau pekerjaan yang kita lakukan sehari hari.

Mungkin sebagian dari kita sering mengabaikan perawatan atau memerhatikan kesehatan mata. Mungkin saja kerusakan yang terjadi pada mata kurang terasa karena penurunan kualitas mata terjadi secara perlahan-lahan. Tiba-tiba saja saat usia atau keadaan tertentu kita baru menyadari bahwa adanya suatu kejanggalan.

Jika kita merawat dan selalu memperhatikan kesehatan mata kita, maka kita akan akan memiliki mata yang sehat dan meminimalkan rusaknya mata akibat usia. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa tips mudah dalam merawat kesehatan mata,

1.    Vitamin A adalah hal penting dalam mengkondisikan mata kita dalam keadaan baik. Vitamin A banyak terkandung didalam sayur dan buah berwarna orange, seperti wortel. Vitamin A akan membantu transmisi sinyal cahaya di dalam sel-sel retina.

2.    Janganlah mengucek atau menggosok mata dengan kasar/terlalu kuat jika terasa gatal atau masuknya benda asing kedalam mata. Cobalah anda celupkan handuk kecil kedalam air dingin dan kompreslah mata anda hingga anduknya terasa hangat.

3.    Berwudlu sebelum shalat (jika anda beragama islam). Atau basuhlah muka anda dengan air bersih beberapa kali sehari. Kegiatan ini akan mengurangi insflamasi, melembabkan mata, merilekskan mata dan mengatasai mata merah.

4.    Istirahatkan mata anda. Mata memerlukan istirahat dalam bekerja. Hindari kegiatan menonton televisi atau computer dengan jarak yang dekat. Hindari juga kegiatan tidur larut malam (begadang), sehingga mata tidak kelelahan.

5.    Setiap pagi setelah bangun tidur, isi mulutmu dengan air, pejamkan mata dan perciki/siram mata anda sekitar 10 -15 menit. Jangan basuh mata dengan air panas.

6.    Lakukan latihan rutin gerakan bola mata setiap hari untuk melatih otot – otot penggerak mata dan daya akomodasi mata. Misalnya dengan memusatkan pandangan mata ke jarak dekat dan jauh secara bergantian beberapa kali, Gerakkan bola mata secara perlahan ke atas, bawah, kiri, kanan beberapa kali berlawanan.

7.    Hindari menatap terus menerus terutama pada objek dengan jarak yang jauh. Suatu hal yang baik jika anda mengejapkan 
mata atau memberi istirahat pada mata anda.

8.    Jangan melihat suatu objek dibawah cahaya matahari yang terang untuk waktu yang lama.

9.    Jangan membaca, menulis atau bekerja yang menggunakan mata dengan sinar yang tidak tepat, atau jika cahaya tidak cukup.

10.  Hibur mata anda dengan melihat benda-benda yang berwarna hijau, seperti pepohonan. serta melakukan sedikit relaksasi.

11.  Serahkan pada Ahlinya. Segera periksa ke dokter bila terjadi suatu hal pada mata anda yang tidak anda mengerti, jangan mengambil keputusan asal-asal. Penyesalan berada di akhir tidak akan berguna.

Itulah beberapa tips dari saya. Meskipun berwajah cantik, jikalau mata kurang oke tentunya terasa tidak enak dipandang bukan? Dengan mengikuti tips di atas mata kita akan terjaga kesehatan dan keindahannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*