Cara Merawat Motor



Cara Merawat MotorBukankah semua menginginkan keadaan motor masing masing tetap terjaga dan awet. Hal itu membutuhkan perawatan dan keuletan dalam menjaga kondisi motor dalam keadaan prima. Jika tidak, dampak negatif bukan hanya untuk mesin saja, hal itu juga berhubungan dengan pengendaranya juga. Sebenarnya perawatan motor tidak terlalu rumit sih, tapi dibutuhkan keuletan dan kerajinan dalam merawat motor setiap hari. Beikut beberapa tips dalam merawat motor :

  • Mencuci

Mungkin ini adalah poin pertama jika berhubungan dengan perawatan motor. Motor yang selalu terlihat bersih akan membuat pengendaranya bersemangat menungganginya. Apalagi setelah hujan hujanan, cucilah segera motor anda agar terlihat bersih lagi. Dan juga menhindari terjadinya karat di tubuh motor. Usahakan cuci motor anda rutin 1 minggu sekali agar terjaga kebersihannya.

  • Pahami motor anda

Oh iya, hal yang penting adalah, mengetahui kondisi motor anda sekarang. Apabila masih baru, baca dan pahami buku modul pemakaian dsb. Tak kenal maka tak sayang kan?. Hal itu juga membantu anda dalam memilih suku cadang jika ada bagian motor anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan sampai anda memilih suku cadang yang tidak cocok dengan motor anda. Tentunya akan berdampak pada keawetan motor anda.

  • Pemanasan

Pemanasan pada mesin sangat penting dilakukan sebelum berkendara setiap hari agar keawetan aki dan mesin motor terjaga dengan baik. Meskipun hari itu motor tidak digunakan, tetap panasi motor anda.

  • Kesalahan

Kesalahan yang sering terjadi adalah, memaksakan mesin untuk mencapai kecepatan tertentu tetap tidak tepat. Misal “ naik gunung dengan gigi 4 (moto nonmatic) dengan kecepatan wal yang rendah. Kalo sudah begini, dapat menyebabkan “turun mesi” di keesokan hari.

  • Tekanan ban

Ban yang memiliki tekanan udara kurang dari standart, akan berakibat pada keausan. Karena dengan kondisi tersebut, permukaan ban yang bersebtuhan dengan permukaan jalan secara langsung semakin banyak.

  • Rantai motor

Lumasi rantai motor anda dengan pelumas rantai. Selalu kencangkan rantai sesuai standart pada rantai yang mulai kendor. Pasang penutup rantai agar rantai tidak terguyur hujan karena air hujan yang bersifat asam akan memicu perkaratan pada rantai.

  • Knalpot

Jika knalpot kemasukan air, hal yang perlu anda lakukan adalah cuci motor terlebih dahulu kemudian panasi mesin. Lalu semprotkan oli ke dalam knalpot dan olisi bagian lehernya knelpot dengan grease. Setelah itu, kembali panasi mesin sekitar 5 menit lagi.

  • Rem

Jika anda mendengar suara decitan saat anda mengerem, bersihkan kanvas rem dan tromol dengan amplas. Dan jalankan motor anda dengan menekan pedal rem supaya kering.

Ya, begitulah beberapa tips yang dapat saya berikan. Selalu perhatikan kondisi motor anda khususnya saat musim hujan tiba. Kendaraan anda mencerminkan pribadi anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*